Rekognisi Pembelajaran Lampau

Rekognisi Pembelajaran Lampau

TA Semester Ganjil 2025/2026

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal. 

  1. Lulusan SMA/SMK/MA/MAK dan/atau Lulusan D1/D2/D3/D4/S1.
  2. Memiliki  pendidikan formal, nonformal,  informal,  dan/atau pengalaman kerja yang relevan dengan program studi yang akan ditempuh.
  3. Tidak pernah mendapatkan sanksi akademik.
  4. Tidak pernah dijatuhi hukuman pidana yang telah berkekuatan hukum tetap, dengan ancaman hukuman pidananya selama 5 (lima) tahun atau lebih
  5. Calon mahasiswa yang akan mengambil RPL tipe Perolehan Kredit harus mempunyai pengalaman kerja pada bidang yang relevan paling sedikit 1 (satu) tahun.
No Program Studi Jenjang Akreditasi Jalur RPL Profil Prodi
1
Analisis Kimia
Diploma Tiga
Unggul
– Transfer Kredit
– Perolehan Kredit
2
Analisis Keuangan
Sarjana Terapan
A
– Transfer Kredit
– Perolehan Kredit
3
Kimia
Sarjana
Unggul
– Transfer Kredit
– Perolehan Kredit
4
Rekayasa Tekstil
Sarjana
Baik
Transfer Kredit
5
Pendidikan Bahasa Inggris
Sarjana
Unggul
– Transfer Kredit
– Perolehan Kredit
6
Ekonomi Pembangunan
Sarjana
Unggul
– Transfer Kredit
– Perolehan Kredit
7
Ilmu Agama Islam
Magister
Unggul
Perolehan Kredit
8
Teknik Lingkungan
Magister
Baik Sekali
Perolehan Kredit
9
Teknik Industri
Magister
Unggul
Perolehan Kredit
  1. Pas foto terbaru ukuran 3 x 4.
  2. Scan asli kartu identitas (KTP atau Pasport).
  3. Scan asli kartu keluarga
  4. Scan asli akte. kelahiran/surat kenal lahir
  5. Scan ijazah pendidikan terakhir atau surat keterangan lulus.
  6. Scan transkrip nilai atau raport.
  7. Surat keterangan sehat jasmani.
  8. Surat keterangan catatan kepolisian.
  9. Surat pernyataan kesanggupan menaati seluruh peraturan yang berlaku di UII.
  10. Surat pernyataan tidak pernah terkena sanksi akademik.
  11. Formulir Daftar Riwayat Hidup.
  12. Formulir Aplikasi RPL sesuai program studi yang dipilih.
  13. Formulir Evaluasi Diri sesuai program studi yang dipilih.

Calon mahasiswa yang mengajukan rekognisi Capaian Pembelajaran yang diperoleh dari pendidikan formal pada Program Studi pada Perguruan Tinggi sebelumnya, misal, pernah mengikuti kuliah di Perguruan Tinggi, baik selesai maupun tidak selesai/putus kuliah, maka calon dapat mengajukan bukti berupa:

  1. Ijazah dan/atau Transkrip Nilai, atau
  2. Surat Keterangan Lulus Mata Kuliah yang pernah ditempuh di jenjang Pendidikan Tinggi sebelumnya.
  3. Silabus Mata Kuliah atau Capaian Pembelajaran Mata Kuliah.

Bukti tersebut harus diberi nomor dan nama secara jelas agar mudah ditelusuri oleh Asesor.

Calon mahasiswa yang mengajukan Rekognisi Capaian Pembelajaran yang diperoleh dari pendidikan nonformal, informal dan/atau pengalaman kerja, dapat mengajukan bukti berupa, tetapi tidak terbatas pada:

  1. Sertifikat Kompetensi;
  2. Sertifikat pengoperasian/lisensi yang dimiliki;
  3. Dokumentasi pekerjaan yang pernah dilakukan (foto/video/produk/hasil tes, dll);
  4. Buku harian/catatan harian pekerjaan yang dilakukan di tempat kerja;
  5. Lembar tugas / lembar kerja ketika bekerja di perusahaan;
  6. Dokumen analisis/perancangan (parsial atau lengkap) ketika bekerja di perusahaan;
  7. Logbook (Buku Catatan pekerjaan);
  8. Sertifikat Pelatihan disertai dengan uraian materi pelatihan dan lamanya pelatihan;
  9. Keanggotaan asosiasi profesi yang relevan;
  10. Referensi/surat keterangan/laporan verifikasi pihak ketiga dari pemberi kerja/ supervisor;
  11. Penghargaan dari industri; dan
  12. Penilaian kinerja dari perusahaan.

Bukti tersebut harus diberi nomor dan nama secara jelas agar mudah ditelusuri oleh Asesor.

No Kegiatan Tanggal
1
Pendaftaran dan unggah berkas
5 Mei – 27 Juni 2025
2
Seleksi Administrasi
1 – 11 Juli 2025
3
Proses Asesmen
28 Juli – 8 Agustus 2025
4
Pengumuman Hasil Seleksi
15 Agustus 2025
5
Registrasi
16 – 31 Agustus 2025
  1. Pembuatan NIU.
  2. Menentukan Program Studi Jalur RPL.
  3. Membayar Biaya Pendaftaran.
  4. Mengisi formulir dan mengunggah berkas:
    • Formulir Aplikasi RPL sesuai program studi yang dipilih, unduh di sini.
    • Formulir Evaluasi Diri sesuai program studi yang dipilih, unduh di sini.
    • Formulir Daftar Riwayat Hidup, unduh di sini.
    • Scan asli kartu identitas (KTP atau Pasport)
    • Scan ijazah pendidikan terakhir atau surat keterangan lulus
    • Scan transkrip nilai atau raport pendidikan terakhir
    • Surat keterangan catatan kepolisian
    • Surat keterangan sehat jasmani
    • Surat pernyataan kesanggupan menaati seluruh peraturan yang berlaku di UII, unduh di sini.
    • Surat pernyataan tidak pernah terkena sanksi akademik, unduh di sini.
    • Berkas Portfolio RPL
  5. Seleksi Administrasi.
  6. Membayar Biaya Asesmen.
  7. Proses Asesmen.
  8. Pengumuman Hasil Seleksi.
  9. Registrasi:
    • Membayar biaya registrasi
    • Mengupload berkas registrasi
  1. Biaya Pendaftaran
    • Diploma dan Sarjana: 300.000,-
    • Magister: 500.000,-
  2. Biaya Asesmen Awal
No Jenjang Pendidikan Tipe RPL Biaya asesmen*
1 Diploma Tiga Transfer SKS 1,500,000
Diploma Tiga Perolehan SKS 2,500,000
2 Sarjana & Sarjana Terapan Transfer SKS 2,500,000
Sarjana & Sarjana Terapan Perolehan SKS 5,000,000
3 Magister Perolehan SKS 5,000,000
*Jika jumlah SKS yang diakui lebih dari 30 sks untuk Diploma Tiga, 50 sks untuk Sarjana, 25 sks untuk Magister maka akan dikenai biaya tambahan dan dibayarkan sebelum lulus dari program studi tersebut.
  1. Uang Kuliah Awal (UKA); dihitung berdasarkan sisa SKS yang akan ditempuh
  2. Uang Kuliah Semester (UKS) ; sesuai biaya yang dikenakan untuk program regular
Simulasi biaya untuk tiap program studi dapat dilihat di sini.
Masa studi mahasiswa RPL tergantung pada jumlah sks yang diakui. Berikut ini perkiraan masa studi untuk tiap jenjang pendidikan.

  1. Program Diploma Tiga
Jumlah SKS diakui Jumlah Semester yang akan ditempuh
< 20 SKS 5
20 > SKS > 40 4
40 > SKS > 60 3
60 > SKS > 80 2
 
  1. Program Sarjana dan Sarjana Terapan
Jumlah SKS diakui Jumlah Semester yang akan ditempuh
< 20 SKS 7
20 > SKS > 40 6
40 > SKS > 60 5
60 > SKS > 80 5
80 > SKS > 100 3
 
  1. Program Magister
Jumlah SKS diakui Jumlah Semester yang akan ditempuh
< 14 SKS 3
14 > SKS > 28 2
28 > SKS > 42 1

Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru

Gedung Muhammad Adnan

Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia

Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

Akreditasi Institusi Unggul. Universitas Islam Indonesia telah mendapatkan Akreditasi Institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2021.