Jalur Beasiswa

Jalur Beasiswa

Jalur Beasiswa adalah pola seleksi yang dilakukan melalui penilaian rekam jejak prestasi (nilai rapor dan prestasi penunjang). Nilai rapor yang digunakan adalah nilai rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 pada mata pelajaran sesuai Tabel Pemetaan Mata Pelajaran berikut:

Tabel Pemetaan Mata Pelajaran

Kurikulum Merdeka IPA IPS Agama Bahasa SMK
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Agama
Agama
Agama
Agama
Agama
Matematika
Matematika
Matematika
Matematika
Matematika
Matematika
Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Bahasa Inggris
Bahasa Inggris
Bahasa Inggris
Bahasa Inggris
Bahasa Inggris
Pendidikan Pancasila
Kimia
Sejarah
Tafsir
Sejarah
Fisika*
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK)
Biologi
Ekonomi
Hadis
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kimia*
Sejarah
Fisika
Geografi
Ilmu Kalam
Keterampilan Bahasa Asing
IPA*
Seni dan Budaya
Biologi*
Kompetensi Keahlian/Kejuruan*
IPS*
Keterampilan Komputer & Pengelolaan Informasi*

* Siswa SMK cukup menggunakan 3 nilai mata pelajaran dari 7 nilai mata pelajaran (Fisika, Kimia, IPA, Biologi, Kompetensi Keahlian/Kejuruan, IPS, atau Keterampilan Komputer & Pengelolaan Informasi) yang sesuai dengan Program Studi yang dipilih.

Jalur beasiswa hanya dapat diikuti oleh peserta seleksi lulusan tahun 2024 (hanya bagi yang melakukan pengabdian di Pondok Pesantren) dan lulusan tahun 2025. Terdapat 5 jenis beasiswa, yaitu Beasiswa Hafizah Hafiz, Beasiswa Santri, Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Atlet & Juara Seni, serta Beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar). Pilihan Program Studi Kedokteran hanya ditawarkan pada pola seleksi Beasiswa Hafizah Hafiz.

  • Biaya pendaftaran Rp. 200.000 untuk pilihan program studi non-kedokteran dan Rp. 400.000 untuk pilihan program studi kedokteran.
  • Seleksi berdasarkan nilai rapor dan kemampuan hafalan Al-Qur’an minimal 15 Juz
  • Peserta lulusan/calon lulusan SMA/MA/pondok pesantren/SMK kesehatan lulusan tahun 2024 atau 2025, dengan usia maksimal 21 tahun per tanggal 31 Agustus 2025.

Beasiswa

Terdapat 2 jenis beasiswa yang dapat diterima, yaitu Beasiswa 30 Juz dan Beasiswa 15 Juz. Beasiswa 30 Juz adalah beasiswa yang meliputi pembebasan biaya Uang Kuliah Awal (UKA), pembebasan biaya Uang Kuliah Semester (UKS), serta bantuan Biaya Hidup (bulanan), sedangkan Beasiswa 15 Juz adalah beasiswa yang meliputi pembebasan biaya Uang Kuliah Awal (UKA) dan pembebasan biaya Uang Kuliah Semester (UKS).

Pelaksanaan

Beasiswa Hafizah Hafiz dilakukan dalam bentuk Seleksi Berkas dan Ujian Kompetensi (Ujian Hafalan dan Wawancara). Ujian Kompetensi dilaksanakan dalam 2 sesi, yaitu sesi Tes Hafalan Al-Qur’an (melanjutkan ayat secara acak) dan sesi Wawancara (Akademik, Pengembangan Diri, Kecerdasan Spiritual, serta Kecerdasan Sosial). Beasiswa Hafizah Hafiz dilaksanakan dengan jadwal pelaksanaan sebagai berikut:

Periode Bulan Januari

  • Unggah Dokumen: 15 s/d 31 Januari 2025
  • Pengumuman Seleksi Dokumen: 13 Februari 2025
  • Ujian Hafalan: 18 Februari 2025
  • Pengumuman Seleksi Hafalan: 19 Februari 2025
  • Wawancara: 25 Februari 2025
  • Pengumuman: 3 Maret 2025

Khusus Program Studi Kedokteran, proses seleksi akan dilaksanakan dalam 2 tahap ujian, yaitu Ujian Tahap 1 dan Ujian Tahap 2. Ujian Tahap 1 dilakukan dalam bentuk Ujian Kompetensi (Ujian Hafalan dan Wawancara), sedangkan Ujian Tahap 2 dilakukan dalam bentuk Ujian Kedokteran Dasar (Wawancara dan Kedokteran Dasar). Peserta seleksi hanya dapat mengikuti Ujian Tahap 2 jika dinyatakan lolos pada Ujian Tahap 1. Berikut jadwal pelaksanaan Beasiswa Hafizah Hafiz khusus Program Studi Kedokteran:

Periode Bulan Januari

  • Unggah Dokumen: 15 s/d 31 Januari 2025
  • Pengumuman Seleksi Dokumen: 13 Februari 2025
  • Ujian Hafalan: 18 Februari 2025
  • Pengumuman Seleksi Hafalan: 19 Februari 2025
  • Wawancara: 25 Februari 2025
  • Pengumuman Hasil Wawancara: 3 Maret 2025
  • Ujian Tahap 2: 10 Maret 2025
  • Hasil Kelulusan: 17 Maret 2025

Kebutuhan Dokumen

  1. Rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 untuk mata pelajaran sesuai dengan Tabel Pemetaan Mata Pelajaran.
  2. Sertifikat/Syahadah/Surat Keterangan hafalan Al-Qur’an (Minimum 15 Juz).
  3. Asesmen Diri Beasiswa Hafizah Hafiz (form dapat diunduh di sini).
  4. Surat Keterangan Pengabdian di Pondok Pesantren/Sekolah bagi pendaftar lulusan tahun 2024.
  5. Karya gambar/sketsa buatan sendiri sebanyak 3 buah yang terdiri dari landmark kota tinggal, bagian dalam rumah sendiri, dan bagian luar rumah sendiri (khusus untuk pilihan Program Studi Arsitektur).
  • Biaya pendaftaran untuk Beasiswa Santri adalah Rp. 200.000.
  • Peserta dapat memilih hingga 3 program studi, kecuali Program Studi Kedokteran.
  • Seleksi berdasarkan nilai rapor dan prestasi unggul dalam ilmu keagamaan, serta penguasaan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab yang baik.

Beasiswa

Beasiswa yang dapat diterima adalah pembebasan biaya Dana Catur Darma, pembebasan biaya Uang Kuliah, serta akomodasi tempat tinggal di Pondok Pesantren UII (bebas biaya). Selain menempuh pendidikan akademik, peserta seleksi yang menerima beasiswa ini juga akan mengikuti pendidikan di Pondok Pesantren UII.

Pelaksanaan

Beasiswa Santri dilakukan dalam bentuk Seleksi Berkas dan Ujian Kompetensi. Ujian Kompetensi dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dalam 2 sesi, yaitu sesi Tes Tulis (Potensi Akademik, Penguasaan Bahasa Arab, serta Penguasaan Bahasa Inggris) dan sesi Wawancara (Akademik, Pengembangan Diri, Kecerdasan Spiritual, serta Kecerdasan Sosial). Beasiswa Santri dilaksanakan dengan jadwal pelaksanaan sebagai berikut:

Periode Bulan Mei – Juni

  • Unggah Dokumen: 15 s/d 31 Mei 2024
  • Seleksi Dokumen: 6 Juni 2024
  • Tes Tulis: 20 Juni 2024
  • Wawancara: 22 Juni 2024
  • Hasil Kelulusan: 1 Juli 2024

Kebutuhan Dokumen

  1. Rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 untuk mata pelajaran sesuai dengan Tabel Pemetaan Mata Pelajaran.
  2. Asesmen Diri Beasiswa Santri (dapat diunduh di sini).
  3. Esai/Artikel Singkat bertema “Peran Cendekiawan Muslim untuk Umat” (karangan sendiri).
  4. Esai/Artikel Singkat bertema “Capaian Prestasi Inspiratif dalam Hidupku” (karangan sendiri).
  5. Prestasi di bidang ilmu keagamaan (bisa lebih dari satu) tingkat Provinsi, Nasional, atau Internasional. Prestasi yang dapat digunakan adalah prestasi yang didapat selama menempuh pendidikan di SMA/MA/Pondok Pesantren/SMK.
  6. Surat Keterangan Pengabdian di Pondok Pesantren/Sekolah bagi pendaftar lulusan tahun 2023.
  7. Karya gambar/sketsa buatan sendiri sebanyak 3 buah yang terdiri dari landmark kota tinggal, bagian dalam rumah sendiri, dan bagian luar rumah sendiri (khusus untuk pilihan Program Studi Arsitektur).
  • Biaya pendaftaran untuk Beasiswa Duafa adalah Rp. 50.000.
  • Diperuntukkan bagi peserta dengan prestasi akademik unggul yang membutuhkan bantuan biaya pendidikan.
  • Peserta diperbolehkan memilih hingga 3 program studi, kecuali Program Studi Kedokteran.
  • Tersedia kuota 4 mahasiswa untuk setiap program studi, dengan komposisi 1 siswa asal DIY dan 3 kuota nasional.

Beasiswa

Beasiswa yang dapat diterima adalah pembebasan biaya Dana Catur Darma dan pembebasan biaya Uang Kuliah.

Pelaksanaan

Beasiswa Duafa dilakukan dalam bentuk Seleksi Berkas. Beasiswa Duafa dilaksanakan dengan jadwal pelaksanaan sebagai berikut:

Periode Bulan Mei – Juni

  • Unggah Dokumen: 15 s/d 31 Mei 2024
  • Seleksi Dokumen: 6 Juni 2024
  • Hasil Kelulusan: 1 Juli 2024

Kebutuhan Dokumen

  1. Rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 untuk mata pelajaran sesuai dengan Tabel Pemetaan Mata Pelajaran.
  2. Asesmen Diri Beasiswa Duafa (dapat diunduh di sini).
  3. Keterangan Tidak Mampu yang dapat berupa (salah satu) Kartu Miskin, Kartu Program Keluarga Harapan, Kartu Keluarga Sejahtera, Dokumen keterangan tidak mampu, Dokumen keterangan dari Panti Sosial/Panti Asuhan.
  4. Kartu Keluarga.
  5. Foto Rumah Tinggal (seluruh bagian luar rumah terlihat).
  6. Prestasi di bidang akademik (bisa lebih dari satu) tingkat Provinsi, Nasional, atau Internasional. Prestasi yang dapat digunakan adalah prestasi yang didapat selama menempuh pendidikan di SMA/MA/Pondok Pesantren/SMK.
  7. Surat Keterangan Pengabdian di Pondok Pesantren/Sekolah bagi pendaftar lulusan tahun 2023.
  8. Karya gambar/sketsa buatan sendiri sebanyak 3 buah yang terdiri dari landmark kota tinggal, bagian dalam rumah sendiri, dan bagian luar rumah sendiri (khusus untuk pilihan Program Studi Arsitektur).
  • Biaya pendaftaran untuk Beasiswa Atlet & Juara Seni adalah Rp. 200.000.
  • Diperuntukkan bagi peserta seleksi dengan prestasi unggul di bidang Olah Raga atau Seni.
  • Peserta dapat memilih hingga 3 program studi, tetapi tidak termasuk Program Studi Kedokteran.

Beasiswa

Beasiswa yang dapat diterima adalah pembebasan biaya Uang Kuliah Awal (UKA) dan pembebasan biaya Uang Kuliah Semester (UKS).

Pelaksanaan

Beasiswa Atlet & Juara Seni dilakukan dalam bentuk Seleksi Berkas dan Ujian Kompetensi. Ujian Kompetensi dilaksanakan secara luring di Kampus Terpadu UII (Yogyakarta) dalam 2 sesi, yaitu sesi Ujian Praktik (Sesuai prestasi di bidang Olah Raga atau Seni) dan sesi Wawancara (Akademik, Pengembangan Diri, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial, serta Penguasaan Bidang Keahlian). Beasiswa Atlet & Juara Seni dilaksanakan dengan jadwal pelaksanaan sebagai berikut:

Periode Bulan Januari 

  • Unggah Dokumen: 20 Januari s/d 2 Februari 2025
  • Pengumuman Seleksi Dokumen: 10 Februari 2025
  • Ujian Kompetensi & Wawancara: 12 & 17 Februari 2025
  • Hasil Kelulusan: 10 Maret 2025

Kebutuhan Dokumen

  1. Rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 untuk mata pelajaran sesuai dengan Tabel Pemetaan Mata Pelajaran.
  2. Asesmen Diri Beasiswa Atlet & Juara Seni (form dapat diunduh di sini).
  3. Sertifikat Pemenang/Juara di bidang olah raga atau seni tingkat provinsi, nasional, dan internasional.
  4. Surat Rekomendasi dari pelatih dan induk organisasi olah raga (khusus bidang Olah Raga).
  5. Surat Rekomendasi dari pelatih/kepala sekolah/organisasi pembina (khusus bidang Seni).
  6. Surat Rekomendasi dari LPTQ Wilayah (khusus prestasi bidang MTQ).
  7. Surat Keterangan Sehat dari dokter di Rumah sakit, Klinik, atau Puskesmas.
  8. Surat Keterangan Pengabdian di Pondok Pesantren/Sekolah bagi pendaftar lulusan tahun 2024.
  9. Karya gambar/sketsa buatan sendiri sebanyak 3 buah yang terdiri dari landmark kota tinggal, bagian dalam rumah sendiri, dan bagian luar rumah sendiri (khusus untuk pilihan Program Studi Arsitektur).

Informasi Penting!

  1. Informasi dan layanan resmi terkait PMB Universitas Islam Indonesia hanya dapat diperoleh melalui website pmb.uii.ac.id, media sosial resmi UII dan Customer Service Whatsapp +628112608844.
  2. Selalu berhati-hati terhadap informasi yang beredar dan senantiasa melakukan verifikasi langsung kepada sumber resmi di UII.