Registrasi - Penerimaan Mahasiswa Baru UII

Registrasi

Mahasiswa yang dinyatakan diterima wajib melakukan tahap registrasi dengan prosedur sebagai berikut:

  1. Melakukan pembayaran paket biaya pendidikan angsuran pertama (uang kuliah dan Dana Catur Darma) sesuai dengan nomor tagihan melalui:
    • Kantor cabang Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Bukopin, Bank Muamalat, Bank BPD DIY, atau Bank BPD DIY Syariah di seluruh Indonesia; atau
    • ATM & kanal elektronik (mobile banking dan internet banking) Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Muamalat, Bank BPD DIY, atau Bank BPD DIY Syariah.
    • Prosedur pembayaran dapat dilihat di situs web pmb.uii.ac.id/pembayaran-via-bank.
    Catatan Penting:
    Untuk calon mahasiswa yang diterima melalui jalur beasiswa (PSB Beasiswa Duafa, PSB Beasiswa Santri Unggulan UII, PSB Beasiswa Atlet & Juara Seni, PSB Beasiswa KIP) atau lolos seleksi Beasiswa Hafiz Al-Quran, maka tidak perlu melakukan pembayaran uang registrasi.
  2. Setelah melakukan pembayaran paket biaya pendidikan angsuran pertama, calon mahasiswa kemudian memasukkan (key in) data registrasi yaitu mengisi data dan unggah dokumen untuk syarat mencetak Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)FILE/DOKUMEN YANG HARUS DISIAPKAN UNTUK TAHAP ISI DATA REGISTRASI
    No File/Dokumen Keterangan
    1 Ijazah SMA atau sederajat (ASLI, bukan fotokopi) File PDF hasil scan warna
    2 KTP/Kartu Keluarga (ASLI, bukan fotokopi) File PDF hasil scan warna
    3 Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir (ASLI, bukan fotokopi) File PDF hasil scan warna
    4 Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari dokter di rumah sakit, klinik atau Puskesmas
    • File PDF hasil scan warna
    • Hanya berlaku WAJIB (khusus) untuk calon mahasiswa baru yang diterima di Program Studi Kedokteran, Arsitektur, Teknik Kimia, Rekayasa Tekstil, Kimia, Farmasi, Pendidikan Kimia dan Diploma (D3) Analisis Kimia
    5 Surat Keterangan Sehat Jasmani dari dokter di rumah sakit, klinik atau Puskesmas
    • File PDF hasil scan warna
    • Hanya berlaku WAJIB (khusus) untuk Program Studi Kedokteran
    6 Sertifikat hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa CEPT dari CILACS UII (skor minimal 500), TOEFL®ITP (480), TOEFL iBT (55), atau IELTS (5,5).
    • File PDF hasil scan warna
    • Berlaku WAJIB (khusus) semua Program Studi International Program (IP)
    7 Surat Pernyataan Komitmen berisi kesanggupan untuk berpartisipasi dalam kegiatan akademik dan non-akademik (sesuai dengan keunggulan yang dimiliki) yang telah diisi lengkap dan ditandatangani di atas meterai Rp 10.000,-
    • Format/template dokumen dapat diunduh di laman pmb.uii.ac.id/unduh
    • File PDF hasil scan warna
    • Hanya berlaku WAJIB (khusus) untuk calon mahasiswa baru (semua program studi) yang diterima melalui Pola Seleksi Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB) Tanpa Beasiswa maupun PSB Dengan Beasiswa dan Penelusuran Hafiz Al-Quran (PHA)
    8 Surat pernyataan kesanggupan menaati seluruh peraturan yang berlaku di UII yang telah diisi lengkap dan ditandatangani di atas meterai Rp 10.000,-
    • Format/template dokumen dapat diunduh di laman pmb.uii.ac.id/unduh
    • File PDF hasil scan warna
    9 Pas foto atau foto diri berwarna terbaru dengan latar belakang warna cerah, wajah terlihat jelas dengan posisi menghadap lurus ke arah kamera, mata terbuka, dan tidak tertutupi oleh ornament. Proporsi wajah 80% dari area foto.
    • Untuk pembuatan KTM UII versi digital
    • Format File JPG/JPEG/PNG

    Catatan Penting:

    • Calon mahasiswa kemudian memasukkan (key in) data registrasi (input data dan unggah dokumen) secara daring (online) melalui situs web admisi.uii.ac.id di bagian Aksi  Isi Data Registrasi
    • Petugas dari Panitia PMB UII selanjutnya akan melakukan verifikasi hasil isian data dan dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa.
    • Pada saat petugas sedang melakukan proses verifikasi isian data dan dokumen yang diunggah, maka status verifikasi dokumen adalah “Sedang Diverifikasi”. Proses verifikasi oleh petugas diperkirakan memakan waktu sekitar 7 – 14 hari kerja (tergantung banyaknya antrian data dan dokumen yang masuk ke sistem).
    • Jika isian data atau dokumen yang diunggah masih ada yang perlu diperbaiki/belum lengkap, maka status verifikasi dokumen adalah “Perlu Perbaikan” dan calon mahasiswa baru wajib memperbaiki/melengkapi isian data atau dokumen yang diunggah sesuai dengan catatan perbaikan. Calon mahasiswa baru diberi waktu paling lama 5 hari untuk memperbaiki/melengkapi data atau dokumen. Khusus untuk scan Surat Tanda Kelulusan/Ijazah SMA atau sederajat masih dapat dilengkapi paling lambat tanggal 5 Agustus 2022.
    • Jika isian data atau dokumen yang diunggah sudah benar dan lengkap, maka status verifikasi dokumen adalah “Terverifikasi Lengkap” dan calon mahasiswa baru dapat melanjutkan proses untuk pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) UII versi digital.
    • Calon mahasiswa baru harus menyelesaikan proses verifikasi dokumen (sampai mendapatkan status “Terverifikasi Lengkap”) paling lambat tanggal 5 Agustus 2022.
  3. Calon mahasiswa baru yang tidak menyelesaikan atau tidak dapat memenuhi ketentuan registrasi pada nomor 1 dan 2 di atas maka statusnya sebagai calon mahasiswa baru DIBATALKAN.
  4. Calon mahasiswa baru yang sudah menyelesaikan tahap verifikasi dokumen serta memiliki KTM UII versi digital, wajib untuk senantiasa mencermati update informasi terkait alur dan detail kegiatan mahasiswa baru (Kuliah Perdana, Orientasi Mahasiswa Baru, Pembinaan Keagamaan Mahasiswa) di laman uii.ac.id dan pmb.uii.ac.id, serta di akun Instagram (IG) @uiiyogyakarta.
  5. Calon mahasiswa baru yang sudah registrasi di Prodi International Program (IP) TIDAK DIIJINKAN pindah ke Prodi Reguler.
Untuk informasi lebih lanjut (termasuk jika ada kendala atau pertanyaan) terkait REGISTRASI dapat menghubungi Call Center Direktorat Layanan Akademik di nomor (Whatsapp) 085740005556
PERLU BANTUAN?

Apakah Anda menemui kesulitan atau memiliki pertanyaan seputar PMB UII? 
Silakan mengakses laman FAQ (pertanyaan yang paling sering diajukan) melalui tautan di bawah ini untuk menemukan berbagai jawaban dari berbagai pertanyaan seputar PMB UII.

Anda juga bisa menghubungi petugas kami untuk memandu Anda dalam melakukan pendaftaran pola seleksi PMB UII. Hubungi kami via surel: [email protected] atau melalui telepon layanan PMB UII di 0274-898444 Ekstensi 1234.

Penerimaan Mahasiswa Baru
Gedung Muhammad Adnan (D3 Ekonomi)
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

Telepon: +62 274 898444 Ext. 1234   Faksimile: +62 274 898459
E-mail: [email protected]
Layanan Informasi & Pengaduan:
0811-260-8844 (Khusus pesan WhatsApp)

Akreditasi Institusi Unggul. Universitas Islam Indonesia telah mendapatkan Akreditasi Institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2021.