Seleksi Berbasis Rapor
Seleksi Berbasis Rapor (SIBER) adalah pola seleksi yang dilakukan melalui penilaian rekam jejak prestasi. Terdapat 3 jenis pola seleksi SIBER, yaitu SIBER (Reguler), SIBER Kedokteran, dan SIBER Juara.
- SIBER (Reguler)
SIBER (Reguler) adalah pola seleksi dengan penilaian nilai rapor (pengetahuan). Nilai rapor yang digunakan adalah nilai rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 pada 4 nilai mata pelajaran, yaitu Agama, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Peserta seleksi dapat memilih 3 pilihan program studi (kecuali Program Studi Kedokteran). Biaya pendaftaran untuk SIBER (Reguler) adalah Rp. 200.000.
Pelaksanaan
- SIBER (Reguler) dibuka pada tanggal 20 Desember 2022 s/d 15 Juli 2023.
- SIBER (Reguler) dibuka/dilayani setiap hari Senin s/d Sabtu (kecuali hari libur nasional).
- Hasil seleksi akan diumumkan dalam waktu maksimum 7 hari kerja sejak dokumen diunggah.
- SIBER periode bulan Agustus (tambahan), tidak dilaksanakan untuk semua prodi (hanya dilaksanakan untuk prodi yang memiliki kuota penerimaan saja).
Kebutuhan Dokumen
Rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 untuk mata pelajaran Agama, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
- SIBER Kedokteran
SIBER Kedokteran adalah pola seleksi dengan penilaian nilai rapor (pengetahuan). Nilai rapor yang digunakan adalah nilai rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 pada 7 nilai mata pelajaran, yaitu Agama, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Biologi, Fisika, dan Kimia. SIBER Kedokteran hanya dapat diikuti oleh peserta lulusan/calon lulusan SMA/MA/Pondok Pesantren/SMK Kesehatan (Jurusan IPA) lulusan tahun 2021, 2022, atau 2023, dengan usia maksimum 21 Tahun per tanggal 31 Agustus 2023. Peserta seleksi hanya dapat memilih satu program studi, yaitu Program Studi Kedokteran. Biaya pendaftaran SIBER Kedokteran adalah Rp. 400.000.
Terdapat 2 kategori pada SIBER Kedokteran, yaitu Reguler dan Mandiri. Pada SIBER kategori Reguler, besaran Dana Catur Darma akan ditentukan berdasarkan hasil seleksi (nilai rapor dan Ujian Tahap 2), semakin baik hasil seleksi maka biaya Dana Catur Darma akan semakin rendah. Pada SIBER Kedokteran kategori Mandiri, besaran Dana Catur Darma dapat ditentukan sendiri oleh orang tua/wali calon pendaftar (sesuai batas minimum Dana Catur Darma) melalui Form SIBER Kedokteran Mandiri. Form SIBER Kedokteran Mandiri dapat diunduh di sini.
Pelaksanaan
SIBER Kedokteran dilaksanakan dalam 2 tahap ujian, yaitu Ujian Tahap 1 dan Ujian Tahap 2. Ujian Tahap 1 dilakukan dalam bentuk seleksi nilai rapor dan peringkat sekolah. Ujian Tahap 2 dilakukan dalam bentuk wawancara dan ujian kedokteran dasar. Peserta seleksi hanya dapat mengikuti Ujian Tahap 2 jika dinyatakan lolos pada Ujian Tahap 1.
SIBER Kedokteran dilaksanakan sebanyak 3 kali dengan jadwal pelaksanaan sebagai berikut:
Periode Bulan Januari
- Unggah Dokumen: 2 s/d 10 Januari
- Pengumuman Lolos Tahap 1: 15 Januari
- Ujian Tahap 2: 24 Januari
- Hasil Kelulusan: 30 Januari
Periode Bulan Mei
- Unggah Dokumen: 2 s/d 10 Mei
- Pengumuman Lolos Tahap 1: 15 Mei
- Ujian Tahap 2: 22 Mei
- Hasil Kelulusan: 29 Mei
Periode Bulan Juli
- Unggah Dokumen: 1 s/d 10 Juli
- Pengumuman Lolos Tahap 1: 15 Juli
- Ujian Tahap 2: 24 Juli
- Hasil Kelulusan: 28 Juli
Kebutuhan Dokumen
Rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 untuk mata pelajaran Agama, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Biologi, Fisika, dan Kimia.
- SIBER Juara
SIBER Juara adalah pola seleksi dengan penilaian nilai rapor (pengetahuan) dan dokumen penunjang (sesuai dengan kategori yang dipilih). Nilai rapor yang digunakan adalah nilai rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 pada 4 nilai mata pelajaran, yaitu Agama, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Peserta seleksi dapat memilih 3 pilihan program studi (kecuali Program Studi Kedokteran). Biaya pendaftaran untuk SIBER Juara adalah Rp. 200.000. Terdapat 7 kategori pada SIBER Juara, yaitu Hafizah Hafiz, Kompetisi, Olah Raga/Seni, Organisasi, Bersama APTISI, Bersama BKSPTIS, dan Daerah Tertinggal.
Pelaksanaan
- SIBER Juara dibuka tanggal 9 Januari 2023 s/d 15 Juli 2023.
- SIBER Juara diselenggarakan tiap bulan (Januari s/d Juli).
- SIBER Juara periode bulan Agustus (tambahan), tidak dilaksanakan untuk semua prodi (hanya dilaksanakan untuk prodi yang memiliki kuota penerimaan saja).
- Batas unggah dokumen adalah tanggal 15 untuk tiap bulannya (kecuali bulan April).
- Hasil seleksi akan diumumkan pada hari Senin terakhir di bulan pelaksanaan (kecuali bulan April).
- Khusus bulan April, batas unggah dokumen adalah tanggal 12 April dan hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 8 Mei.
Kebutuhan Dokumen
- Rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 untuk mata pelajaran Agama, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
- Karya gambar/sketsa buatan sendiri sebanyak 3 buah yang terdiri dari landmark kota tinggal, bagian dalam rumah sendiri, dan bagian luar rumah sendiri (khusus untuk pilihan Program Studi Arsitektur).
- Dokumen penunjang sesuai kategori SIBER Juara yang dipilih.
Dokumen Penunjang
- Dokumen penunjang yang dapat digunakan adalah dokumen penunjang yang didapatkan pada saat peserta menempuh pendidikan di jenjang SMA/MA/Pondok Pesantren.
- Untuk kategori Hafizah Hafiz, dokumen penunjang yang digunakan adalah Sertifikat/Syahadah/Surat Keterangan hafalan Al-Qur’an (Minimum 10 Juz).
- Untuk kategori Kompetisi, dokumen penunjang yang digunakan adalah prestasi dalam kompetisi bidang ilmu pengetahuan di tingkat provinsi, nasional, dan/atau internasional (bisa lebih dari satu prestasi).
- Untuk kategori Olah Raga/Seni, dokumen penunjang yang digunakan adalah prestasi di bidang olah raga dan/atau seni di tingkat provinsi, nasional, dan/atau internasional (bisa lebih dari satu prestasi).
- Untuk kategori Organisasi, dokumen penunjang yang digunakan adalah bukti keanggotaan sebagai pengurus utama pada organisasi di tingkat sekolah (OSIS, Pramuka, Paskibra, Ekstrakurikuler (Keilmuan, Olah Raga, atau Seni), dan/atau rohis sekolah) atau keanggotaan sebagai pengurus utama pada organisasi di tingkat nasional dan/atau internasional (bisa lebih dari satu bukti keanggotaan).
- Untuk kategori Bersama APTISI, dokumen penunjang yang digunakan adalah bukti penerimaan pada seleksi PMB Bersama APTISI V DIY (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta). Informasi seleksi PMB Bersama APTISI V DIY dapat diakses melalui laman pmb.jogjaversitas.id. Laman website pmb.jogjaversitas.id tidak dikelola oleh Tim PMB UII.
- Untuk kategori Bersama BKSPTIS, dokumen penunjang yang digunakan adalah bukti penerimaan pada seleksi PMB Bersama BKSPTIS (Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia). Informasi seleksi PMB Bersama BKSPTIS dapat diakses melalui laman pmb.bksptis.or.id. Laman website pmb.bksptis.or.id tidak dikelola oleh Tim PMB UII.
- Untuk kategori Daerah Tertinggal, dokumen penunjang yang digunakan adalah Surat Keterangan dari pihak sekolah (ditandatangani dan dicap resmi oleh pihak sekolah) yang menyatakan bahwa sekolah tersebut masuk ke dalam wilayah Daerah Tertinggal. Daftar Daerah Tertinggal sebagaimana yang disampaikan pada PERPRES Nomor 63 Tahun 2020 Tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2020-2024 dapat dilihat pada dokumen ini (Unduh dokumen PDF). Peserta seleksi yang berasal dari Daerah Tertinggal tidak wajib mengikuti jalur seleksi melalui kategori ini (juga dapat mengikuti kategori lainnya).
Prosedur dan Persyaratan
1. Membuat NIU (Nomor Induk Utama)
Jika telah memiliki NIU, Anda dapat lanjut ke proses berikutnya. Jika belum, Anda harus membuat NIU terlebih dahulu. Panduan membuat NIU dapat diakses di sini.
2. Memilih Pola Seleksi
Masuk ke admisi.uii.ac.id (disarankan menggunakan laptop/komputer), kemudian “Beli Formulir”. Pilih pola seleksi sesuai dengan minat Anda. Setelah melakukan pembelian, Anda akan mendapat nomor tagihan untuk pembayaran formulir sesuai dengan pola seleksi yang telah Anda beli.
3. Melakukan Pembayaran Pola Seleksi
Pembayaran pola seleksi dapat dilakukan di semua kanal pelayanan pembayaran PMB UII (kantor cabang, ATM, internet banking, atau mobile banking) Bank Mitra UII (Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank BPD DIY, Bak BPD DIY Syariah, Bank Muamalat, dan Bank Bukopin). Panduan pembayaran melalui Bank Mitra UII dapat diakses di sini.
4. Mengunggah Dokumen
- Mengisi dan mengunggah nilai rapor (pengetahuan) semester 1, 2, 3, 4, dan 5 (dalam format PDF, JPEG, atau PNG).
- Khusus untuk SIBER Juara, peserta seleksi juga harus mengisi dan mengunggah dokumen penunjang sesuai dengan kategori yang dipilih.
- Perhatikan batas waktu unggah dokumen sesuai dengan pola seleksi yang dipilih.
5. Proses Verifikasi Dokumen
Proses verifikasi dokumen dilakukan oleh Panitia PMB UII terhadap segala unggahan data yang dilakukan oleh peserta seleksi. Unggahan data yang tidak lengkap akan dikembalikan ke peserta seleksi untuk diperbaiki sesuai batas waktu perbaikan. Peserta seleksi yang tidak memperbaiki data unggahan hingga batas waktu perbaikan akan dinyatakan tidak lulus seleksi. Hasil verifikasi dokumen dapat dipantau melalui admisi.uii.ac.id (disarankan menggunakan laptop/komputer).
6. Proses Seleksi Berkas
- Proses seleksi berkas dilakukan terhadap nilai rapor serta prestasi penunjang (untuk SIBER Juara) yang telah melalui proses verifikasi.
- Untuk SIBER (Reguler), hasil seleksi berkas akan diumumkan dalam waktu maksimum 7 hari kerja sejak dokumen lolos verifikasi.
- Untuk SIBER Kedokteran, hasil seleksi berkas akan diumumkan dalam waktu maksimum 7 hari kerja sejak batas akhir unggah dokumen (hasil seleksi berkas akan menentukan apakah peserta tersebut dapat lanjut ke Ujian Tahap 2 atau tidak).
- Untuk SIBER Juara, hasil seleksi berkas akan diumumkan di hari Senin terakhir di bulan pelaksanaan SIBER Juara.
- Hasil seleksi berkas dapat dilihat di admisi.uii.ac.id (disarankan menggunakan laptop/komputer).
7. Ujian Tahap 2 (SIBER Kedokteran)
Ujian Tahap 2 hanya diberlakukan bagi peserta seleksi SIBER Kedokteran. Peserta seleksi dapat melanjutkan Ujian Tahap 2 jika dinyatakan lolos pada Ujian Tahap 1. Peserta seleksi SIBER Kedokteran dinyatakan lulus seleksi jika lolos di Ujian Tahap 2.
8. Hasil Kelulusan
- Hasil kelulusan untuk peserta seleksi SIBER (Reguler) didapatkan setelah proses seleksi berkas selesai dilakukan (7 hari kerja sejak dokumen diverifikasi).
- Hasil kelulusan untuk peserta SIBER Kedokteran akan diumumkan pada hari Senin terakhir di bulan pelaksanaan Ujian Tahap 2.
- Hasil kelulusan untuk peserta SIBER Juara akan diumumkan pada hari Senin terakhir di bulan pelaksanaan SIBER Juara.
- Hasil kelulusan dapat dilihat melalui admisi.uii.ac.id (disarankan menggunakan laptop/komputer).
- Jika dinyatakan lulus seleksi, maka peserta seleksi wajib melakukan Registrasi dengan batas waktu 14 hari setelah pengumuman hasil kelulusan. Prosedur dan Ketentuan Registrasi dapat dilihat di sini.
- Jika dinyatakan tidak lulus seleksi, para peserta seleksi tetap diperkenankan untuk meminta Surat Keterangan Tidak Lulus Seleksi kepada Panitia.

Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru
Gedung Muhammad Adnan
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

Akreditasi Institusi Unggul. Universitas Islam Indonesia telah mendapatkan Akreditasi Institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2021.