Program Studi Sarjana (S1) & Diploma (D3)

Program diploma dan sarjana adalah gelar pertama yang bisa Anda raih di universitas bagi Anda yang merupakan seorang lulusan SMA/SMK/MA atau institusi pendidikan yang sederajat, dan sedang mencari peluang untuk melanjutkan belajar di tingkat pendidikan tinggi.

Anda akan dapat memilih 4 tawaran program diploma dan 24 tawaran program sarjana pada bidang studi yang berbeda di UII. Klik pada salah satu tautan yang tersedia di bawah ini untuk menemukan informasi detil tentang profil dari setiap program pendidikan, persyaratan masuk, perkiraan biaya studi, dan informasi penting lainnya.

PROGRAM DIPLOMA (D3)

INTERNATIONAL PROGRAM

International Program (IP) UII adalah kelas internasional yang diselenggarakan oleh program studi tertentu di lingkungan UII yang menggunakan bahasa asing sebagai bahasa pengantar perkuliahan. IP UII memiliki aktivitas pendukung berupa program matrikulasi (bridging program) serta program pengembangan karakter (character building program) yang bertujuan untuk menguatkan keterampilan non teknis (soft skills) mahasiswa. Mahasiswa IP UII memiliki kesempatan mengakses kegiatan mobilitas internasional dengan universitas luar negeri mitra UII, seperti pertukaran mahasiswa dan program gelar ganda, dan sebagainya.

Saat ini terdapat 10 (sepuluh) program studi Sarjana (S1) di lingkungan UII yang memiliki IP. Detail nama-nama program studi sebagai berikut:

Prodi S1 dengan International Program Bahasa Pengantar
Manajemen (Management) Inggris
Akuntansi (Accounting) Inggris
Ekonomi Pembangunan (Economics) Inggris
Hukum (Law) Inggris
Teknik Industri (Industrial Engineering) Inggris
Teknik Sipil (Civil Engineering) Inggris
Arsitektur (Architecture) Inggris
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) Arab & Inggris
Ilmu Komunikasi (Communication Science) Inggris
Hubungan Internasional (International Relations) Inggris

Bahasa pengantar pada kelas IP UII sepenuhnya diselenggarakan dalam bahasa Inggris. Untuk Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah), bahasa pengantar adalah bahasa Arab (70%) dan Inggris (30%). Khusus untuk Program Studi Ilmu Komunikasi, perkuliahan dengan bahasa Inggris dilaksanakan separuh dari total jumlah mata kuliah yang diselenggarakan.

Sebagian program studi dengan IP menawarkan pilihan kegiatan mobilitas, seperti program gelar ganda dengan beberapa universitas mitra di luar negeri, seperti dengan Saxion University of Applied Sciences (Belanda), University of Gloucestershire (Inggris), Youngsan University (Korea Selatan), The University of Queensland (Australia), dan Nanjing Xiaozhuang University (Tiongkok). Mahasiswa yang masuk dalam International Program juga dapat mengikuti program credit transfer selama satu semester, seperti yang telah dilaksanakan di Solbridge International School of Business (Korea Selatan) dan kegiatan mobilitas global lainnya yang ditawarkan oleh berbagai universitas mitra UII di luar negeri.

POLA SELEKSI

Berpikir untuk memilih pola seleksi lain?

Ada empat pola seleksi yang bisa Anda pilih dalam proses Penerimaan Mahasiswa Baru UII. Klik salah satu pranala di bawah ini.

NOMOR INDUK UTAMA

Belum punya Nomor Induk Utama (NIU)?

Anda harus memiliki NIU untuk dapat mengikuti pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII.

PERLU BANTUAN?

Apakah Anda menemui kesulitan atau memiliki pertanyaan seputar PMB UII? 

Silakan mengakses laman FAQ (pertanyaan yang paling sering diajukan) melalui tautan di bawah ini untuk menemukan berbagai jawaban dari berbagai pertanyaan seputar PMB UII.

Anda juga bisa menghubungi petugas kami untuk memandu Anda dalam melakukan pendaftaran pola seleksi PMB UII. Hubungi kami via surel: [email protected] atau melalui telepon layanan PMB UII di 0274-898444 Ekstensi 1234.