PERSYARATAN ADMISI PASCASARJANA

Prosedur dan Persyaratan Program Magister (S2)

Magister Akuntansi, Manajemen & Ekonomi dan Keuangan

  1. Mengisi formulir pendaftaran yang dapat diperoleh setiap saat pada hari dan jam kerja di bagian Admisi PPs FBE-UII, atau dapat melakukan registrasi online disini.
  2. Aplikasi pendaftaran yang telah diisi dikembalikan ke Admisi PPs FBE-UII setiap saat pada jam kerja dengan melampirkan:
    • Tiga lembar fotokopi ijazah S1 yang dilegalisir
    • Satu lembar transkrip nilai S1 yang dilegalisir
    • Pas foto berwarna ukuran 2 x 3 dan 3 x 4, masing-masing 4 lembar
    • Fotokopi KTP
    • Fotokopi Akta Kelahiran
    • Lulus seleksi Test TPA

Magister Arsitektur

  1. Mengisi formulir pendaftaran (formulir & template surat rekomendasi dapat diunduh di sini: Formulir Pendaftaran) atau dapat diisi online di sini: Formulir Online)
  2. Membayar biaya pendaftaran sebesar 500.000,-.Biaya pendaftaran tersebut bersifat non-refundable (tidak dapat dikembalikan) apabila calon mahasiswa memutuskan untuk tidak melanjutkan ke proses seleksi.)*
    • Ditransfer ke :
      Magister Arsitektur UII
      Bank Mandiri 137 0013024332
  3. Menyerahkan fotokopi dokumen pendukung sesuai dengan alur yang dipilih. Dokumen pendukung yang berlaku untuk semua alur diantaranya adalah:
    • 1 lembar fotokopi ijazah terakhir (dilegalisir), yakni ijazah PPAr untuk pendaftar alur 1, 2; dan ijazah S-1 Arsitektur untuk pendaftar alur 3.
    • 1 lembar fotokopi transkrip nilai sesuai dengan ijazah tersebut di atas (dilegalisir).
    • 1 lembar fotokopi sertifikat kecakapan bahasa Inggris dari lembaga manapun, dengan nilai minimal setara 425 paper-based
    • 1 lembar pas foto berwarna ukuran 4 cm × 6 cm
    • Keterangan tambahan :

)* Scan bukti Transfer pembayaran uang pendaftaran dikirim bersamaan dengan dokumen yang lain ke e-mail [email protected]

Magister Hukum

  1. Mengisi formulir yang telah disediakan di Sekretariat Program Magister (S2) Ilmu Hukum UII atau dapat diunduh di sini dan melengkapi berkas pendaftaran sebagai berikut:
    • Fotokopi ijazah dan transkrip nilai S-1 yang dilegalisir. IPK minimal 3,00 untuk lulusan tahun 1990 ke atas, dan minimal 2,75 untuk lulusan 1990 ke bawah.
    • Rekomendasi akademik dari 2 orang yang minimal bergelar Master.
    • Rencana penulisan Tesis.
    • Daftar riwayat hidup (CV)
    • Pas foto ukuran 4 × 6, 3 × 4, dan 2 × 3 masing-masing 2 lembar.
    • Fotokopi KTP
    • Fotokopi bukti pembayaran biaya pendaftaran.
    • Bagi calon mahasiswa berijazah non Hukum/Syariah wajib mengikuti matrikulasi.
  2. Formulir pendaftaran yang telah diisi serta lampirannya diserahkan kembali ke Sekretariat Program Magister (S2) Ilmu Hukum UII pada waktu yang ditentukan.
  3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 500.000,- melalui rekening Bank Syariah Mandiri Yogyakarta a.n. Magister Hukum UII dengan nomor rekening 22900 18800

Magister Kenotariatan

  1. Mengisi formulir yang telah disediakan di Sekretariat Program Magister (S2) Kenotariatan UII atau dapat diunduh di sini dan melengkapi dokumen pendaftaran sebagai berikut:
    • Fotokopi ijazah atau surat keterangan lulus S1 Hukum yang telah dilegalisir
    • Fotokopi transkrip nilai S-1 Hukum yang telah dilegalisir dengan IPK min 3,00
    • Rencana penulisan Tesis.
    • Daftar riwayat hidup (CV)
    • Rekomendasi akademik dari 2 orang yang minimal bergelar Master.
    • Pas foto ukuran 4 × 6, 3 × 4, dan 2 × 3 masing-masing 2 lembar.
    • Fotokopi bukti pembayaran biaya pendaftaran.
  2. Formulir pendaftaran yang telah diisi serta lampirannya diserahkan kembali ke Sekretariat Program Magister (S2) Kenotariatan UII pada waktu yang ditentukan.
  3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 600.000,- melalui rekening Bank Bukopin Yogyakarta a.n. Yayasan Badan Wakaf UII dengan nomor rekening 1000 917 041.

Magister Profesi Psikologi

Mengisi formulir dan melengkapi dokumen pendaftaran sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Fotokopi ijazah S1 Psikologi Terakreditasi
  • Fotokopi transkrip nilai S1 (IPK minimal 3.0)
  • Pas foto (berwarna) ukuran 4 × 6 (3 lembar) terbaru (enam bulan terakhir)
  • Fotokopi hasil TOEFL, skor minimal 450
  • Surat rekomendasi dari dosen atau tempat kerja
  • Bukti pembayaran biaya pendaftaran
  • Melampirkan proposal tesis (ketentuan)

Magister Ilmu Agama Islam

Mengisi formulir dan melengkapi berkas pendaftaran sebagai berikut:

  • Membayar uang pendaftaran sebesar Rp 250.000,00 (Dua ratus lima puluh ribu rupiah);
  • Mengisi formulir pendaftaran;
  • Fotokopi ijazah S1 yang telah dilegalisasi;
  • Fotokopi transkrip nilai akademik yang telah dilegalisasi;
  • Fotokopi sertifikat TOEFL, TOAFL, CEPT yang dilegalisasi;
  • Referensi akademik/Surat Rekomendasi dari dosen/pembimbing atau atasan (sudah ada dalam formulir);
  • Surat pernyataan bermaterai (sudah ada dalam formulir);
  • Pasfoto ukuran 3 × 4 dan 4 × 6 (berlatar biru) masing-masing 2 lembar;
  • Fotokopi SK Pengangkatan Pegawai bagi yang sudah bekerja;
  • Izin dari instansi bagi yang sudah bekerja.

Magister Teknik Industri

  1. Mengisi formulir pendafaran yang diakses melalui tautan ini.
  2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,- melalui transfer ke Bank Mandiri, nomor rekening: 1370005103789 a.n. Universitas Islam Indonesia;
  3. Menyerahkan/mengirimkan dokumen pendaftaran yang terdiri dari
    • Form pendaftaran
    • Surat rekomendasi yang telah diisi dan ditanda tangani. Unduh tamplate
    • Bukti pembayaran biaya pendaftaran
    • Surat pernyataan motivasi (motivation letter). Unduh tamplate
    • Fotokopi ijazah S1/D4 yang telah dilegalisir (2 lembar)
    • Fotokopi transkrip nilai S1/D4 yang telah dilegalisir (2 lembar)
    • Surat pengalaman kerja (khusus bagi pendaftar dengan IPK kurang dari 2,75)
    • Rekomendasi dari pembimbing akademik/tugas akhir S1/D4 dan/atau dari pimpinan/atasan (bagi yang masih bekerja) (2 buah)
    • Pas foto berwarna 3 × 4 cm (2 lembar) dan 4 × 6 cm (2 lembar)
    • Surat keterangan kesehatan dari dokter.
  4. Melaksanakan Ujian Potensi Akademik
  5. Mengikuti seleksi wawancara (khusus bagi pendaftar beasiswa alumni)
  6. Pengumuman hasil penerimaan

Magister Informatika

  • Proses pendaftaran Program Studi Informatika Program Magister dapat dilakukan melalui sistem ini
  • Panduan lengkap mengenai pendaftaran Program Studi Informatika Program Magister dapat dilakukan melalui tautan ini

Magister Teknik Sipil

Persyaratan

  1. Lulusan S1 Teknik: Sipil, Bangunan, Arsitektur, Mesin, Lingkungan, Geodesi, Geologi, Elektro, Informatika, Kimia, dan Sains MIPA: Matematika, Statistika, Fisika, Geofisika dan Ilmu Komputer. Bagi mahasiswa yang memiliki disiplin ilmu di luar Teknik Sipil dan Arsitektur, dipersyaratkan memiliki pengalaman di bidang konstruksi dan wajib mengikuti matrikulasi dengan membayar biaya sesuai ketentuan.
  2. Calon mahasiswa dapat berasal dari berbagai profesi/instansi, seperti: Dosen, Guru SMK Teknik, Pegawai/Staf Pemerintah (PNS), Swasta, Kontraktor, Konsultan, Pengurus Asosiasi maupun fresh graduate.

Prosedur Pendaftaran

  1. Membayar biaya pendaftaran dan biaya seleksi sebesar Rp 500.000,- melalui Rekening MTS UII di Bank Bukopin Nomor: 1001342041 dan menyerahkan bukti pembayaran ke Sekretariat PMTS FTSP UII bersamaan dengan berkas lain yang telah dilengkapi.
  2. Melakukan pendaftaran secara online melalui daftar.uii.ac.id untuk mendapatkan NIU (nomor Induk Utama) dan nomor UPCM (Panduan Pendaftaran onlineunduh di sini), kemudian mengisi formulir pendaftaran manual yang dapat diunduh pada tautan ini
  3. Menyerahkan formulir pendaftaran yang telah diisi dengan melampirkan:
    • Fotokopi ijazah S1 yang telah dilegalisir sebanyak 2 (dua) lembar;
    • Fotokopi transkrip nilai S1 yang telah dilegalisir sebanyak 2 (dua) lembar;
    • Biodata (CV) disertai foto profil bebas santai ukuran 4×6 cm;
    • Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 dan 3 x 4 masing-masing 2 (dua) lembar;
    • Fotokopi KTP dan KK 1 (satu) lembar;
    • Fotokopi akta kelahiran 1 (satu) lembar;
    • Surat rekomendasi dari 2 (dua) orang ditujukan ke dosen pembimbing S1 dan atau atasan jika sudah bekerja;
    • Surat izin atau tugas belajar dari instansi yang mengusulkan bagi PNS;
    • Fotokopi sertifikat penghargaan atau prestasi yang pernah diraih.
  4. Mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA), Tes TOEFL, dan Wawancara yang diselenggarakan oleh PMTS FTSP UII sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Magister Kimia

Persyaratan

  1. Menyerahkan 1 lembar fotokopi ijazah terakhir (dilegalisir) yakni Ijazah Sarjana.
  2. Menyerahkan 1 lembar fotokopi transkip nilai (dilegalisir).
  3. Menyerahkan 1 lembar fotokopi sertifikat kecakapan bahasa inggris
  4. Menyerahkan 1 lembar fotokopi sertifikat Tes Potensi Akademik (TPA)
  5. Menyerahkan 1 lembar pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm.

Prosedur dan Persyaratan Program Doktoral (S3)

Doktor Hukum Islam

  1. Syarat Umum

    Persyaratan umum bagi calon peserta program Doktor adalah berlatar belakang pendidikan Magister baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun swasta semua jurusan. Bagi peserta asing berlaku ketentuan bahwa yang bersangkutan menguasai bahasa Indonesia dan memperoleh izin dari Departemen Pendidikan Nasional. Melengkapi formulir pendaftaran serta membayar biaya pendaftaran.

  2. Syarat Khusus
    • Bagi mahasiswa yang berlatar belakang strata 2 (S-2) di bidang bukan Hukum Islam, maka kurikulumnya ditambah dengan minimal menempuh matakuliah matrikulasi;
    • Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3,00 (tiga koma nol);
    • Menyerahkan Nilai TOEFL Intitutional atau International yang masih berlaku;
    • Memiliki publikasi ilmiah pada jurnal ilmiah dengan topik yang relevan dengan proposal yang diajukan minimal 1 (satu) buah;
    • Ada izin untuk kuliah dari Atasan (bagi yang bekerja);
    • Adanya jaminan pembiayaan: dari instansi yang menugaskan, atau dari lembaga pemberi dana/sponsor (bagi yang bekerja di dinas/lembaga);
    • Mengajukan proposal penelitian sebanyak 4 (empat) eksemplar yang akan diteliti dan dinilai oleh Tim Peneliti Proposal Program Doktor Hukum Islam UII. Apabila calon peserta diterima maka proposal tersebut dapat dilanjutkan dalam rangka penyusunan disertasi peserta yang bersangkutan;
    • Mengisi dan memenuhi persyaratan yang ada pada formulir pendaftaran Program Doktor Hukum Islam UII.

Doktor Ilmu Ekonomi

Kualifikasi Calon Mahasiswa

  • Lulusan S2 dari berbagai bidang ilmu
  • Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S1 minimal 2.75 dan jenjang S2 minimal 3.25.
  • Memiliki skor TPA 550 dan TOEFL 500
  • Lolos wawancara bidang akademik dan psikologi

Syarat Pendaftaran

  • Melampirkan copy ijazah S2 dan S1 yang sudah dilegalisir
  • Melampirkan copy transkrip yang sudah dilegalisir
  • Melampirkan copy skor TPA dan TOEFL
  • Menyerahkan paper akademik rencana disertasi (10-15 halaman 2 spasi)
  • Melampirkan 2(dua) surat rekomendasi dari orang yang bisa memberikan penilaian kemampuan akademik calon
  • Melampirkan daftar karya ilmiah yang pernah dipublikasikan dan sertakan satu karya yang dianggap terbaik

Waktu Pendaftaran

  • Membuka 2 intake pendaftaran
  • Pendaftaran dibuka setiap saat sepanjang tahun:
  • pendaftaran untuk intake semester ganjil ditutup 30 Juni
  • pendaftaran untuk intake semester genap ditutup 31 Desember.
  • Ujian saringan masuk diselenggarakan setiap semester.

.

Doktor Hukum

  1. Lulus Magister (S-2) Ilmu Hukum atau Syariah
  2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S-1 dan S-2 minimal 3,25
  3. Mengisi formulir pendaftaran yang dilampiri dengan :
    • Surat rekomendasi akademik dari 2 orang minimal setingkat Doktor.
    • Fotokopi ijasah S-1 dan S-2 serta transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh yang berwenang, masing-masing 2 lembar.
    • Surat pernyataan kesediaan menjadi “full time students”
    • Draft proposal penelitian untuk penulisan Disertasi (kuarto, 1.5 spasi, maksimal 15 halaman).
    • Surat keterangan beasiswa (jika ada).
    • Fotokopi artikel atau karya ilmiah yang pernah dipublikasikan pada Jurnal Hukum Terakreditasi (jika ada).
    • Fotokopi karya ilmiah berupa buku atau hasil penelitian (jika ada).
    • Fotokopi kartu identitas pribadi (KTP/SIM).
    • Fotokopi paspor bagi mahasiswa asing (WNA).
    • Pas foto berwarna ukuran 4×6 dan 3×4 masing-masing 4 lembar.
    • Kuitansi/slip pembayaran pendaftaran dari Bank. Biaya pendaftaran sebesar Rp 1.000.000,- dibayarkan melalui Bank Syariah Mandiri Yogyakarta a.n. Pasca Doktor Hukum UII nomor rekening : 2290018844
  4. Mengikuti tes masuk yang terdiri dari tes potensi akademik (TPA), tes CEPT, dan tes wawancara
  5. Lulus seleksi. Kriteria kelulusan ditentukan berdasarkan hasil Tes TPA, CEPT, wawancara, dan penilaian terhadap berkas-berkas yang dilampirkan.

Doktor Teknik Sipil

  1. Warga Negara Indonesia atau Warna Negara Asing yang mendapat persetujuan Dirjen DIKTI;
  2. Pas foto terbaru berwarna ukuran 3 × 4 cm dan 4 × 6 cm masing-masing 2 lembar;
  3. Memiliki ijasah kelulusan (fotokopi ijasah yang telah dilegalisasi dibawa pada saat ujian wawancara);
  4. IPK calon mahasiswa (transkrip akademik yang telah dilegalisasi wajib dibawa ketika ujian wawancara), dengan ketentuan, S1 minimum 2,75, S2 minimum 3,25
  5. Memiliki nilai/sertifikat TOEFL/IELTS sebagai berikut: Program Doktor nilai TOEFL minimal 500 atau IELTS 5,5 (Sertifikat asli harap dibawa ketika ujian wawancara);
  6. Memiliki nilai/sertifikat skor TPA minimal 500 yang masih berlaku;
  7. Mengikuti ujian tertulis;
  8. Menyertakan Proposal Usulan Penelitian untuk Tesis/Desertasi; judul dan ringkasan penelitian yang memuat latar belakang, permasalahan yang akan dipecahkan, tujuan dan metode penelitian. Ringkasan tidak lebih dari 350 kata. Proposal lengkap sebanyak 2(dua) eksemplar dibawa ketika ujian wawancara, dan
  9. Calon mahasiswa adalah lulusan dari jurusan Teknik, MIPA, dan bidang lainnya yang relevan dengan Teknik Sipil dan Pengurangan Risiko Bencana.

Prosedur dan Persyaratan Program Profesi

Profesi Arsitek

Persyaratan pendaftaran mahasiswa PPAr :

  1. Mengisi formulir pendaftaran Prodi Pendidikan Profesi Arsitek dari Sekretariat PPAr UII.
  2. Membayar biaya pendaftaran dan biaya seleksi sebesar Rp500.000,00 melalui rekening giro Bank Bukopin 1000917041 atas nama Yayasan Badan Wakaf UII.
  3. Melampirkan berkas-berkas sebagai berikut:
    1. Fotokopi ijasah dan transkip nilai S1 yang dilegalisir.
    2. Portofolio
    3. Bukti kecakapan berbahasa Inggris (TOEFL/IELTS/CEPT)
    4. Formulir pernyataan bersedia mengikuti tata tertib
    5. Dua rekomendasi akademik dari atasan dan dosen pembimbing S1 (dalam amplop tertutup)
    6. Fotokopi NIP/NIY (bagi yang sudah bekerja)
    7. Surat ijin mengikuti program dari atasan (bagi yang sudah bekerja)
    8. Surat kesanggupan pembayaran atau surat jaminan dari pemberi beasiswa
    9. Pas foto berwarna 3×4 sebanyak 3 (tiga) lembar dan 4×6 sebanyak 3 (tiga) lembar.
    10. Tanda bukti transfer biaya pendaftran
    11. Surat pernyataan motivasi diri
  4. Mengikuti Tes Seleksi Psikotes
  5. Mengikuti Tes Seleksi Wawancara

Profesi Dokter

Bersyarat dan diambil bersama Program Sarjana Pendidikan Dokter.

Profesi Apoteker

Calon peserta mengumpulkan berkas persyaratan berupa :

  1. Fotokopi ijasah S-1 atau minimal Surat Keterangan Lulus S-1 yang telah disahkan oleh Dekan, (1 lembar).
  2. Fotokopi transkrip nilai dengan IPK ≥ 2,50 yang telah disahkan oleh Dekan (1 lembar).
  3. Pas Foto berwarna terbaru dalam bentuk softfile (JPG, JPEG, PNG) maksimal 2MB (disiapkan di dalam flashdisk)
  4. Softfile hasil scan KTP / Kartu Keluarga (JPG, JPEG, PNG) yang telah di fix crop, maksimal 2 MB (disiapkan di dalam flashdisk)
  5. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk/KTP/Identitas Diri (1 lembar).
  6. Surat keterangan berbadan sehat jasmani asli, wajib dari Unisia Polifarma UII (1 lembar).
  7. Surat keterangan bebas narkoba asli, wajib dari Unisia Polifarma UII atau LPOMK Farmasi UII (1 lembar).
  8. Surat keterangan sehat rohani asli, dari dokter jiwa Rumah Sakit Pemerintah (1 lembar).
  9. Melampirkan fotokopi sertifikat CEPT terbaru dengan skor ≥ 422.
  10. Slip bukti pembayaran dari bank.
  11. Semua berkas dimasukkan ke dalam map plastik warna biru.
  12. Mendapatkan rekomendasi dari Dosen Pembimbing Akademik atau Dosen Pembimbing Skripsi S1 Farmasi, form rekomendasi dapat diunduh di sini (form diunduh, dicetak, dan diserahkan kepada DPA atau Dosen Pembimbing Skripsi, kemudian Dosen tersebut menyerahkan form rekomendasi ke sekretariat PSPA).
  13. Berkas yang telah diserahkan tidak dapat diambil kembali.
  14. Apabila berkas persyaratan tidak lengkap, maka tidak akan diterima atau dianggap gugur dan Uang Biaya Pendaftaran tidak dapat diminta kembali.
PERLU BANTUAN?

Apakah Anda menemui kesulitan atau memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang pendidikan pascasarjana di Universitas Islam Indonesia? 

Anda bisa menghubungi masing-masing pengelola program pendidikan dan mendapatkan informasi lebih lengkap dari petugas layanan kami.

Silakan mengakses laman kontak melalui tautan di bawah ini untuk menghubungi pengelola program pendidikan pascasarjana yang Anda inginkan.

Anda juga bisa menghubungi kami dengan mengirimkan surel ke alamat: [email protected]