Jadwal & Pola Seleksi

POLA SELEKSI

Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Indonesia (UII) Tahun Akademik 2019/2020, proses seleksi akan dilaksanakan melalui empat pola seleksi yaitu:

  • Computer Based Test (CBT), yaitu pola seleksi yang dilakukan secara daring (online), baik yang dilaksanakan di Kampus Terpadu UII maupun beberapa lokasi di luar Kampus Terpadu UII. Seleksi CBT di luar Kampus Terpadu UII diselenggarakan di SMA/MA di beberapa wilayah kota/kabupaten yang menjadi mitra UII sebagai penyelenggara seleksi CBT (test center).
  • Paper Based Test (PBT), yaitu pola seleksi tes tertulis yang terdiri atas pola PBT Potensi dan PBT Mandiri. Pola seleksi PBT diselenggarakan di Kampus Terpadu UII.
  • Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), yaitu pola seleksi yang dilakukan untuk memberi kesempatan bagi calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi di bidang akademik, olah raga, seni, dan budaya untuk masuk menjadi mahasiswa UII tanpa melalui ujian tertulis. Proses seleksi ini juga ditawarkan bagi calon mahasiswa yang berasal dari daerah tertinggal, terluar dan terdepan (3T) dan/atau berlatar belakang dari keluarga kurang mampu (duafa) dan memerlukan bantuan biaya pendidikan dan memiliki prestasi akademik yang tinggi untuk menjadi mahasiswa UII.
  • Penelusuran Hafiz Alquran (PHA), yaitu pola seleksi yang ditujukan untuk siswa berprestasi dengan kemampuan akademik yang tinggi dan hafal Alquran minimal 10 juz.

Keempat pola seleksi penerimaan mahasiswa baru tersebut diberlakukan untuk semua program studi Diploma (D3) dan Sarjana (S1) yang ditawarkan di UII. Khusus untuk program studi Pendidikan Dokter, proses seleksi terdiri atas dua tahap seleksi, yaitu (1) seleksi tahap pertama melalui CBT, PBT, PSB, atau PHA dan (2) seleksi kedua berupa Ujian Tahap II.

UJIAN TAHAP II (KHUSUS PRODI PENDIDIKAN DOKTER)

Ujian ini khusus ditujukan untuk calon mahasiswa yang memilih Program Studi Pendidikan Dokter (FK), dan telah dinyatakan lolos seleksi dari salah satu pola yang ditetapkan: CBT, PBT, PSB, atau PHA.

Materi Ujian Tahap II ini meliputi:

  1. Psikometri
  2. Materi kedokteran dasar (materi pelajaran Fisika, Biologi dan Kimia setingkat pengetahuan SMA yang terkait topik Kedokteran Dasar)
  3. Baca Tulis Alquran (BTAQ), khusus bagi pendaftar yang beragama Islam
  4. Bahasa Inggris

Ujian Tahap II ini menentukan kelulusan calon mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter, namun tidak mengubah besarnya Dana Catur Darma yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dokumen asli dan salinannya yang diperiksa meliputi:

  1. Akta Kelahiran, disyaratkan maksimal berusia 21 tahun (khusus Program Studi Pendidikan Dokter) pada saat mendaftar.
  2. Rapor SMA atau sederajat Jurusan IPA (MIA) Semester 2, 3, dan 4 atau Semester 3, 4, dan 5.
JADWAL SELEKSI

Jadwal seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Indonesia (UII) Tahun Akademik 2019/2020 untuk masing-masing pola seleksi dapat dibaca melalui buku panduan atau laman web masing-masing pola seleksi.

POLA SELEKSI

Berpikir untuk memilih pola seleksi lain?
Ada empat pola seleksi yang bisa Anda pilih dalam proses Penerimaan Mahasiswa Baru UII. Klik salah satu pranala di bawah ini.

NOMOR INDUK UTAMA

Belum punya Nomor Induk Utama (NIU)?
Anda harus memiliki NIU untuk dapat mengikuti pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII.

PERLU BANTUAN?

Apakah Anda menemui kesulitan atau memiliki pertanyaan seputar PMB UII? 
Silakan mengakses laman FAQ (pertanyaan yang paling sering diajukan) melalui tautan di bawah ini untuk menemukan berbagai jawaban dari berbagai pertanyaan seputar PMB UII.

Anda juga bisa menghubungi petugas kami untuk memandu Anda dalam melakukan pendaftaran pola seleksi PMB UII. Hubungi kami via surel: admisi@uii.ac.id atau melalui telepon layanan PMB UII di 0274-898444 Ekstensi 1234.