Informasi Awal Perkuliahan

KULIAH PERDANA

Kuliah perdana untuk Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021 Program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) dilaksanakan pada hari Selasa, 11 Agustus 2020, pukul 07.00 WIB bertempat di Auditorium Abdulkahar Mudzakkir, Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia, Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta.

PESONA TA’ARUF, PNDI, PLACEMENT TEST AGAMA & PELATIHAN PENGEMBANGAN DIRI
  • Pesona Ta’aruf adalah kegiatan orientasi dan perkenalan sesama mahasiswa baru, yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus 2020.
  • Pendalaman Nilai Dasar Islam (PNDI) adalah kegiatan pendalaman nilai dasar Islam yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru UII. Kegiatan PNDI ini mencakup 2 aktivitas utama, yaitu:
  1. PNDI 1, yang akan dilaksanakan sebelum perkuliahan dimulai pada semester 1 (sekitar bulan Agustus 2020)
  2. PNDI 2, yang akan dilaksanakan melalui pesantrenisasi selama 14 hari.
  • Placement Test Agama adalah tes pengelompokan pemahaman keislaman bagi mahasiswa baru UII sebagai pedoman dalam pengelompokan pembinaan keagamaan (Pengembangan Diri Qur’ani). Kegiatan placement test ini akan diselenggarakan setelah pelaksanaan PNDI 1.
  • Pelatihan Pengembangan Diri adalah kegiatan yang dimaksudkan untuk menambah ketrampilan mahasiswa dalam pengembangan diri. Kegiatan ini wajib diikuti oleh mahasiswa baru UII dan diselenggarakan seiringan dengan pesantrenisasi.

Kegiatan-kegiatan tersebut pada umumnya diselenggarakan bulan Agustus-Sepetember 2020. Jadwal lebih rinci akan diinformasikan pada saat Kuliah Perdana.

KETENTUAN TENTANG PAKAIAN

Ketentuan pakaian pada saat mengahadiri kegiatan Kuliah Perdana, PNDI dan Placement Test Agama:

  • Mahasiswi (putri): Busana muslimah (baju kurung lengan panjang putih dan rok panjang hitam), kerudung putih, bersepatu
  • Mahasiswa (putra): Kemeja lengan panjang putih, celana panjang hitam, peci hitam, dasi hitam dan bersepatu.

Pakaian yang dikenakan harus memenuhi ketentuan UII, yaitu menutup aurat, longgar dan tidak transparan.

Ketentuan khusus tentang pakaian Pesona Ta’aruf tingkat Universitas dan tingkat Fakultas akan diinformasikan pada saat Kuliah Perdana bersama atribut dan ketentuan lainnya.

PERLU BANTUAN?

Apakah Anda menemui kesulitan atau memiliki pertanyaan seputar PMB UII? 

Silakan mengakses laman FAQ (pertanyaan yang paling sering diajukan) melalui tautan di bawah ini untuk menemukan berbagai jawaban dari berbagai pertanyaan seputar PMB UII.

Anda juga bisa menghubungi petugas kami untuk memandu Anda dalam melakukan pendaftaran pola seleksi PMB UII. Hubungi kami via surel: [email protected] atau melalui telepon layanan PMB UII di 0274-898444 Ekstensi 1234.