Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB)

Tentang PSB

PSB adalah pola seleksi penerimaan calon mahasiswa melalui seleksi prestasi bidang akademik dan minat-bakat. Semua program studi menerima mahasiswa baru melalui pola seleksi PSB dengan pengaturan kuota dan seleksi yang ditentukan oleh fakultas. Pola seleksi PSB terdiri dari 4 (empat) kategori, yaitu:

  • Kategori Siswa Berprestasi Bidang Akademik,
  • Kategori Siswa Berprestasi Bidang Olahraga dan Seni
  • Kategori Beasiswa Duafa
  • Kategori Prioritas Daerah Tertinggal, Terluar & Terdepan (3T)

Biaya Pendaftaran

Pendaftar PSB dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi dengan biaya pendaftaran sebagai berikut:

  • PSB tanpa pilihan Prodi Pendidikan Dokter sebesar Rp 300.000,-
  • PSB dengan pilihan Prodi Pendidikan Dokter sebesar Rp 400.000,-
Syarat & Prosedur

Kategori Siswa Berprestasi Bidang Akademik

Kategori ini ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik yang tinggi atau sebagai pemenang juara 1, 2 atau 3 dalam kompetisi bidang ilmu pengetahuan tingkat provinsi, nasional dan/atau internasional (seperti olimpiade sains, dan lomba karya ilmiah remaja).

PERSYARATAN PENDAFTARAN
Berikut adalah persyaratan yang harus dilengkapi:

  1. Fotokopi rapor yang dilegalisasi oleh pihak sekolah dengan syarat nilai rata-rata minimal 8 (delapan) atau setara dengan nilai rata-rata minimal 3,20 (tiga koma dua nol – Kurikulum 2013) pada 2 (dua) semester terakhir;
  2. Fotokopi sertifikat pemenang juara 1, 2 atau 3 kompetisi bidang ilmu pengetahuan (bidang akademik) minimum pada tingkat provinsi selama berada pada jenjang Sekolah Menengah Atas atau sederajat yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah (jika ada sertifikat), atau diperiksa oleh Petugas PMB dengan menunjukkan dokumen aslinya.
  3. Khusus Pendaftar di Program Studi Pendidikan Dokter, nilai minimum rata-rata rapor SMA atau sederajat disyaratkan minimal 8 (delapan) atau setara dengan nilai rata-rata minimal 3,20 (tiga koma dua nol – Kurikulum 2013) pada 3 (tiga) semester terakhir.
  4. Khusus Pendaftar di International Program wajib melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa CEPT dari CILACS UII (skor minimal 454), TOEFL®ITP (450), atau IELTS (4,0).

Kategori Siswa Berprestasi Bidang Olahraga dan Seni

Kategori ini ditujukan bagi siswa yang mempunyai bakat dan prestasi sebagai pemenang juara 1, 2 atau 3 dalam bidang olah raga atau seni di tingkat internasional, nasional dan atau provinsi.

PERSYARATAN PENDAFTARAN
Berikut adalah persyaratan yang harus dilengkapi:

  1. Fotokopi rapor SMA atau sederajat yang dilegalisasi oleh pihak sekolah (oleh pejabat yang masih menjabat) dengan syarat nilai rata-rata minimal 7 (tujuh) atau setara dengan nilai rata-rata minimal 2,80 (dua koma delapan nol – Kurikulum 2013) pada 2 (dua) semester terakhir;
  2. Fotokopi sertifikat pemenang juara 1, 2 atau 3 dalam kompetisi bidang ilmu olah raga atau seni minimum pada tingkat provinsi yang dilegalisasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, atau diperiksa oleh Petugas PMB dengan menunjukkan dokumen aslinya.
  3. Khusus Pendaftar di International Program wajib melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa CEPT dari CILACS UII (skor minimal 454), TOEFL®ITP (450), atau IELTS (4,0).

Kategori Beasiswa Duafa

Kategori ini ditujukan bagi siswa berprestasi dengan kemampuan akademik yang tinggi dan membutuhkan bantuan biaya pendidikan. Khusus kategori ini, siswa yang dinyatakan diterima diberikan beasiswa berupa dibebaskan biaya studi (maksimal 8 semester) dan Dana Catur Dharma.

Pendaftar yang dinyatakan diterima melalui kategori ini akan dikenai evaluasi prestasi setiap semester (setelah mulai aktif kuliah sebagai mahasiswa UII), dan beasiswa ini dapat dicabut apabila mahasiswa tersebut tidak menunjukkan prestasi yang disyaratkan sebagai penerima beasiswa. Pada pola seleksi PSB kategori ini, setiap program studi Sarjana (S1) dan Diploma 3 memiliki kuota satu mahasiswa yang akan diterima per tahun akademik.

PERSYARATAN PENDAFTARAN
Berikut adalah persyaratan yang harus dilengkapi:

  1. Fotokopi rapor SMA atau sederajat yang telah dilegalisasi oleh pihak sekolah dengan syarat nilai rata-rata minimal 8,5 (delapan koma lima) atau setara dengan nilai rata-rata minimal 3,40 (tiga koma empat nol – Kurikulum 2013) pada semester 1, 2, 3, 4 dan 5;
  2. Surat Keterangan Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan masuk ranking sekolah 10 (sepuluh) besar pada semester ke-1,2, 3, 4 dan 5;
  3. Surat keterangan tidak mampu dari Kecamatan dan menyertakan fotokopi Kartu Indonesia Pintar (atau sejenisnya), serta rekomendasi Kepala Sekolah. Bila diperlukan, UII akan melakukan pemeriksaan kondisi keluarga secara langsung;
  4. Khusus Pendaftar di International Program wajib melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa CEPT dari CILACS UII (skor minimal 454), TOEFL®ITP (450), atau IELTS (4,0).

Kategori Prioritas Daerah Tertinggal, Terluar & Terdepan (3T)

Kategori ini ditujukan bagi siswa berprestasi dengan kemampuan akademik yang sangat tinggi dan berasal dari kabupaten daerah tertinggal, terluar dan terdepan (3T) untuk dapat mengenyam pendidikan tinggi di UII.
Daftar daerah 3T sesuai yang ditetapkan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) berdasarkan surat nomor: 2421/Dt.7.2/04/2015 tanggal 21 April 2015.

PERSYARATAN PENDAFTARAN
Berikut adalah persyaratan yang harus dilengkapi:

  1. Fotokopi rapor yang dilegalisasi oleh pihak sekolah dengan syarat nilai rata-rata minimal 8 (delapan) atau setara dengan nilai rata-rata minimal 3,20 (tiga koma dua nol – Kurikulum 2013) pada 2 (dua) semester terakhir;
  2. Menyertakan bukti pembayaran biaya pendaftaran. Bagi pendaftar yang tidak mampu/miskin dibebaskan dari biaya pendaftaran, dengan syarat melampirkan surat keterangan tidak mampu dari kecamatan dan menyertakan fotokopi Kartu Indonesia Pintar (atau sejenisnya), serta rekomendasi Kepala Sekolah.
  3. Fotokopi sertifikat pemenang juara 1, 2 atau 3 kompetisi bidang ilmu pengetahuan (bidang akademik) minimum pada tingkat provinsi selama berada pada jenjang Sekolah Menengah Atas atau sederajat yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah (jika ada sertifikat), atau diperiksa oleh Petugas PMB dengan menunjukkan dokumen aslinya.
  4. Khusus Pendaftar di Program Studi Pendidikan Dokter, nilai minimum rata-rata rapor SMA atau sederajat disyaratkan minimal 8 (delapan) atau setara dengan nilai rata-rata minimal 3,20 (tiga koma dua nol – Kurikulum 2013) pada 3 (tiga) semester terakhir.
  5. Khusus Pendaftar di International Program wajib melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa CEPT dari CILACS UII (skor minimal 454), TOEFL®ITP (450), atau IELTS (4,0).

PROSEDUR PENDAFTARAN PSB (SEMUA KATEGORI)

  1. Melakukan proses pendaftaran secara daring (online) melalui tautan sistem admisi yang tersedia pada laman ini (admisi.uii.ac.id). Proses ini dapat dilakukan di mana saja (tidak harus datang ke lokasi tes):
    • Bagi pendaftar yang belum memiliki Nomor Induk Utama (NIU), diwajibkan key in untuk memperoleh NIU UII (lihat caranya di sini);
    • Memilih pola seleksi PSB secara daring (online) pada Menu “Beli Formulir”;
    • Memilih program studi;
    • Pengisian data diri dan prestasi sesuai dengan kategori PSB yang dipilih (Prestasi Bidang Akademik; Prestasi Bidang Olah Raga dan Seni; Beasiswa Duafa; atau Prioritas Daerah Tertinggal, Terluar dan Tedepan);
    • Mendapatkan nomor tagihan.
  2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran PSB dengan menyebutkan nomor tagihan. Pembayaran formulir dapat dilakukan di semua kanal yang dilayani (kantor cabang, loket di UII, ATM, dan/atau Internet banking) oleh Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, Bank BPD DIY Syariah, Bank Muamalat, dan Bank Bukopin.
  3. Melakukan login di situs web pmb.uii.ac.id untuk mencetak hasil isian formulir PSB secara mandiri.
  4. Mengirimkan via pos atau menyerahkan secara langsung kepada petugas PMB UII persyaratan pendaftaran sebagai berikut:
    • Hasil isian formulir PSB yang telah dicetak sendiri dengan tinta warna (bukan hitam putih);
    • Fotokopi surat tanda pengenal diri yang masih berlaku, yaitu: Kartu Tanda Penduduk/Paspor/Kartu Siswa/Surat Izin Mengemudi/Surat Keterangan Siswa dari Kepala Sekolah dengan foto diri yang dicap resmi oleh sekolah;
    • Slip pembayaran PSB;
    • Fotokopi rapor.
    • Dokumen pendukung yang disyaratkan sesuai kategori PSB yang dipilih.
  5. Pada jadwal yang telah ditentukan, pendaftar melihat dan mengunduh pengumuman hasil seleksi PSB di situs web pmb.uii.ac.id:
    • Bagi pendaftar Program Studi Non-Pendidikan Dokter yang dinyatakan diterima dapat mencetak Surat Pemberitahuan Pernyataan Diterima.
    • Bagi pendaftar Program Studi Pendidikan Dokter yang dinyatakan lolos seleksi tahap pertama dapat mencetak Surat Pemberitahuan Lolos Seleksi Tahap Pertama dan selanjutnya wajib mengikuti proses seleksi tahap kedua sesuai jadwal yang ditentukan.
Jadwal Seleksi

Tahapan PSB

DAFTAR SEKARANG

Gunakan kotak tautan di bawah ini untuk mengakses sistem admisi PMB UII.  Anda harus login menggunakan NIU dan kata kunci yang Anda miliki, lalu ikuti tahapan pendaftaran PSB sesuai syarat dan prosedur yang telah disediakan di laman ini.

BELUM PUNYA NIU?

Gunakan kotak tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi tentang cara pembuatan Nomor Induk Utama (NIU).