Home
Challenge Yourself
Explore Yourself
Jelajah UII

PHA – Penelusuran Hafiz Alquran

Tentang PHA

Kategori ini ditujukan bagi siswa yang hafal Alquran minimal 10 juz dan memiliki kemampuan akademik yang tinggi. Bagi pendaftar yang lolos seleksi melalui kategori ini dapat mengikuti seleksi Beasiswa Hafiz/Hafizah Alquran. Syarat minimum untuk lolos seleksi dan mendapatkan Beasiswa Hafiz/Hafizah Alquran adalah hafal Alquran minimal 15 juz.

 

Biaya Pendaftaran

Pendaftar PHA dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi dengan biaya pendaftaran sebagai berikut:

  • PHA tanpa pilihan Prodi Pendidikan Dokter sebesar Rp 300.000,-
  • PHA dengan pilihan Prodi Pendidikan Dokter sebesar Rp 400.000,-

 

Syarat & Prosedur

PERSYARATAN PENDAFTARAN PHA
Berikut adalah persyaratan yang harus dilengkapi:

  1. Fotokopi rapor yang dilegalisasi oleh pihak sekolah dengan syarat nilai rata-rata minimal 7 (tujuh) atau setara dengan nilai rata-rata minimal 2,80 (dua koma delapan nol – Kurikulum 2013) pada 2 (dua) semester terakhir;
  2. Sertifikat/syahadah hafalan Alquran minimal 10 juz;
  3. Formulir asesmen diri yang telah diisi lengkap. Formulir dapat diunduh melalui situs web pmb.uii.ac.id;
  4. Khusus Pendaftar di International Program wajib melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa CEPT dari CILACS UII (skor minimal 454), TOEFL®ITP (450), atau IELTS (4,0);
  5. Khusus Pendaftar di Program Studi Pendidikan Dokter, nilai minimum rata-rata rapor SMA atau sederajat disyaratkan minimal 8 (delapan) atau setara dengan nilai rata-rata minimal 3,20 (tiga koma dua nol – Kurikulum 2013) pada 3 (tiga) semester terakhir.

PROSEDUR PENDAFTARAN PHA

  1. Melakukan proses pendaftaran secara daring (online) melalui tautan sistem admisi yang tersedia pada laman ini (admisi.uii.ac.id). Proses ini dapat dilakukan di mana saja (tidak harus datang ke lokasi tes):
    • Bagi pendaftar yang belum memiliki Nomor Induk Utama (NIU), diwajibkan key in untuk memperoleh NIU UII (lihat caranya di sini).
    • Memilih pola seleksi PHA secara daring (online) pada Menu “Beli Formulir”;
    • Memilih program studi;
    • Mendapatkan nomor tagihan.
  2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran PHA dengan menyebutkan nomor tagihan. Pembayaran formulir dapat dilakukan di semua kanal yang dilayani (kantor cabang, loket di UII, ATM, dan/atau Internet banking) oleh Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, Bank BPD DIY Syariah, Bank Muamalat, dan Bank Bukopin.
  3. Melakukan login di situs web pmb.uii.ac.id untuk mengisi data prestasi dan mencetak hasil isian formulir PHA secara mandiri.
  4. Mengirimkan via pos atau menyerahkan secara langsung kepada petugas PMB UII persyaratan pendaftaran sebagai berikut:
    • Hasil isian Formulir PHA yang dicetak dengan tinta warna (bukan hitam putih);
    • Fotokopi surat tanda pengenal diri yang masih berlaku, yaitu: Kartu Tanda Penduduk/Paspor/Kartu Siswa/Surat Izin Mengemudi/Surat Keterangan Siswa dari Kepala Sekolah dengan foto diri yang dicap resmi oleh sekolah;
    • Slip pembayaran PHA;
    • Fotokopi rapor 2 (dua) semester terakhir;
    • Fotokopi sertifikat/syahadah hafalan Alquran; dan
    • Formulir asesmen diri yang telah diisi lengkap.
  5. Hadir dan mengikuti seleksi PHA sesuai jadwal yang ditentukan. Seleksi berupa ujian hafalan Alquran dan wawancara psikologis.
  6. Pada jadwal yang telah ditentukan, pendaftar melihat dan mengunduh pengumuman hasil seleksi PHA di situs web pmb.uii.ac.id:
    • Bagi pendaftar Program Studi Non-Pendidikan Dokter yang dinyatakan diterima dapat mencetak Surat Pemberitahuan Pernyataan Diterima;
    • Bagi pendaftar Program Studi Pendidikan Dokter yang dinyatakan lolos seleksi tahap pertama dapat mencetak Surat Pemberitahuan Lolos Seleksi Tahap Pertama dan selanjutnya wajib mengikuti proses seleksi tahap kedua sesuai jadwal yang ditentukan.

 

Jadwal Seleksi

Jaadwal PHA

Tahapan PHA

logo UII

PANITIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU
UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

Alamat Kampus UII

Gedung Muhammad Adnan (D3 Ekonomi)
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang km. 14,5 Yogyakarta 55584
T (0274) 898444 Ekstensi 1234
F (0274) 898459
E admisi@uii.ac.id
W pmb.uii.ac.id

Lokasi Kampus UII