Persyaratan Admisi Pascasarjana

Alur Pendaftaran

Buat NIU

Buat NIU

Membuat Nomor Induk Utama (NIU) di admisi.uii.ac.id
Tahap 01
Beli Formulir

Beli Formulir

Membeli Formulir dan Memilih Program Studi
Tahap 02
Bayar Formulir

Bayar Formulir

Melakukan Pembayaran Formulir
Tahap 03
Isi Berkas & Ikuti Seleksi

Isi Berkas & Ikuti Seleksi

Mempersiapkan Berkas dan Mengikuti Tahapan Seleksi
Tahap 04
Lihat Hasil

Lihat Hasil

Melihat Hasil Seleksi
Tahap 05
Registrasi

Registrasi

Melakukan Registrasi (Apabila Diterima)
Tahap 06

Program Magister (S2)

Magister Akuntansi

SYARAT PENDAFTARAN

Program MAKSI FBE UII dapat diikuti oleh para sarjana dengan latar belakang apapun (multi entry), baik yang sudah bekerja maupun fresh graduater.

Pengembilan formulir pendaftaran dapat dilakukan setiap saat pada jam kerja di bagian admisi. Aplikasi pendaftaran yang telah diisi dikembalikan ke admisi dengan melampirkan :

    1. Tiga lembar fotokopi ijazah S1 yang dilegalisir
    2. Satu lembar transkrip nilai S1 yang dilegalisir
    3. Pas foto berwarna ukuran 2 x 3 dan 3 x 4, masing-masing 4 lembar
    4. Fotokopi KTP
    5. Fotokopi Akta Kelahiran
    6. Lulus seleksi Test TPA

PROSEDUR PENDAFTARAN

  • Pendaftaran Periode I : Maret – Juni
  • Pendaftaran Periode II : September – Desember

Alur Pendaftaran :

  1. Mengambil formulir pendaftaran di admisi
  2. Mengisi dan mengembalikan formulir ke admisi disertai persyaratan
  3. Membayar biaya pendaftaran dan test TPA sebesar Rp 750.000,-
  4. Melakukan TPA (Test Potensi Akademik)

Informasi lebih lanjut :

Admisi Program Magister dan Doktor FBE UII

No Telp : 0274 883525

No Hp : 0813 2878 9856

Magister Arsitektur

Proses Penerimaan Mahasiswa Baru Genap TA.2023/2024 terbagi sebagai berikut :

URAIANTanggal
Pendaftaran11 Desember 2023-15 Februari 2024
Wawancara motivasi diri20 Februari 2024
Pengumuman27 Februari 2024
Registrasi (Pembayaran Angsuran 1)28 Februari-06 Maret 2024
Verifikasi Dokumen & Proses KTM Digital28 Februari-06 Maret 2024

Syarat Pendaftaran

  1. Mengisi formulir pendaftaran (formulir & template surat rekomendasi dapat diunduh di sini:Formulir Pendaftaran) atau dapat diisi online di sini: Formulir Online)
  2. Membayar biaya pendaftaran sebesar 500.000,-.Biaya pendaftaran tersebut bersifat non-refundable(tidak dapat dikembalikan) apabila calon mahasiswa memutuskan untuk tidak melanjutkan ke proses seleksi.)*

Ditransfer ke :

Magister Arsitektur UII -Bank Mandiri 137 0013024332

  1. 1 lembar fotokopi ijazah terakhir (dilegalisir), yakni ijazah PPAr untuk pendaftar alur 1, 2; dan ijazah S-1 Arsitektur untuk pendaftar alur 3.
  2. Ijazah dan Transkrip yang telah dilegalisir dengan nilai IPK minimal 3,00
  3. 1 lembar fotokopi transkrip nilai sesuai dengan ijazah tersebut di atas (dilegalisir).
  4. 1 lembar fotokopi sertifikat kecakapan bahasa Inggris dari lembaga manapun, dengan nilai minimal setara 425 paper-based TOEFL.
  5. 1 lembar pas foto terbaru dengan background berwarna biru tua ukuran 4 cm x 6 cm
  6. Memperoleh rekomendasi dari 2 orang atasan/ dosen (calon mahasiswa telah mendapat persetujuan dari pemberi rekomendasi, form akan dikirim oleh panitia PMB)

Seleksi dan Hasil Penerimaan

  1. Terdiri atas tahapan administrasi, tahapan seleksi dan wawancara.
  2. Pengumuman hasil terdiri atas lolos administrasi dan pengumuman akhir mahasiswa baru yang diterima,
  3. Mahasiswa yang berhak mengikuti seleksi dan wawancara adalah yang sudah diumumkan lolos administrasi.
  4. Mahasiswa yang telah diumumkan diterima sebagai mahasiswa baru wajib melaksanakan registrasi, akan kehilangan haknya sebagai mahasiswa baru jika tidak melaksanakan registrasi sesuai jadwal yang ditetapkan.

Prosedur Penerimaan Mahasiswa Baru

  1. Tahap Administrasi
    • Bagi yang sudah memiliki NIU (Nomor Induk Utama), silahkan masukkan NIU & Password.
    • Bagi yang belum memiliki NIU (Nomor Induk Utama) silahkan pilih “Buat Akun” dengan menyiapkan file scan kartu identitas KTP/SIM/KK dan file foto resmi, masing-masing file maksimal 2MB, format JPEG/JPG/PNG. Setelah mendapatkan akun NIU & password, harap dicatat baik-baik akun NIU dan password tersebut.Selanjutnya masukkan NIU & password di admisi.uii.ac.id
    • Melakukan pembelian formulir seleksi mahasiswa baru dengan memilih menu beli formulir Tes Online
    • Memilih Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan dan Magister Arsitektur  Melakukan pendaftaran melalui admisi.uii.ac.id
    • Setelah selesai proses akan mendapatkan nomor tagihan yang nampak pada layar dan selanjutnya akan digunakan untuk membayar via Bank yang tertera dalam sistem tagihan (dapat dilakukan secara online), dan mohon untuk menyimpan slip pembayaran.
  2. Melakukan pemberkasan Pendaftaran, kirim berkas ke [email protected]
  3. Tahap Seleksi dan Wawancara
    1. Wawancara
    2. Pengumuman
    3. Registrasi Ulang
Magister Farmasi
Proses pendaftaran mahasiswa baru PSFPM dilakukan 1 kali dalam setahun, yang dibagi menjadi dua gelombang. Periode pendaftaran untuk tahun ajaran 2021/2022;
  1. Gelombang pertama: 25 Mei-25 Juni
  2. Gelombang kedua: 21 Juli-16 Agustus
Persyaratan pendaftaran sebagai berikut:
  1. Calon mahasiswa PSMF UII adalah lulusan dari program studi yang terakreditasi minimal B yang diakui kualitasnya oleh BAN PT atau LAMPTKES. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat tahun pendaftaran mahasiswa baru dan dibuktikan dengan fotokopi sertifikat akreditasi yang telah dilegalisir. Ketentuan khusus sebagai berikut:
    • Calon mahasiswa peminatan farmasi sains adalah lulusan program pendidikan S1 Farmasi, S1 Kedokteran, S1 Kedokteran Hewan, S1 Biologi, S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Kesehatan Lingkungan, atau S1 Kimia
    • Calon mahasiswa peminatan farmasi klinis harus memiliki ijazah apoteker dari program studi apoteker terakreditasi minimal B.
  2. Memenuhi ketentuan Akademik, meliputi :
    • Memiliki IPK > 2,50 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk calon mahasiswa lulusan program studi terakreditasi A.
    • Memiliki IPK > 2,75 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk calon mahasiswa lulusan program studi terakreditasi B.
  3. Melengkapai persyaratan administrative
    • Scan ijazah asli dan transkrip akademik.
    • Daftar riwayat hidup (sesuai format yang disediakan).
    • Rekomendasi dua orang dosen pembimbing akademik dan/atau dosen pembimbing tugas akhir.
    • Surat ijin belajar dari atasan bagi yang telah bekerja.
    • File pas foto berwarna terbaru, ukuran 4X6 cm sebanyak 2 lembar.
    • Pernyataan tentang sumber pembiayaan studi.
    • Surat keterangan sehat jasmani dari dokter ber-SIP.
    • Surat keterangan sehat jiwa dari dokter spesialis kesehatan jiwa.
  4. Mengikuti alur pendaftaran sebagai berikut:
    • Calon pendaftar melakukan pendaftaran di admisi.uii.ac.id Bagi yang sudah memiliki NIU (Nomor Induk Utama), silahkan masukkan NIU & Password. Bagi yang belum memiliki NIU (Nomor Induk Utama), silahkan pilih “Buat Akun” dengan menyiapkan file scan kartu identitas KTP/SIM/KK dan file foto resmi, masing-masing file maksimal 2MB, format JPEG/JPG/PNG. Kemudian login menggunakan NIU & Password.
    • Melakukan pembelian formulir seleksi mahasiswa baru dengan memilih menu beli formulir tes magister. Kemudian pilih Fakultas MIPA dan Magister Farmasi (cukup memilih pilihan pertama saja)
    • Setelah selesai proses akan mendapatkan nomor tagihan yang nampak pada layar dan selanjutnya akan digunakan untuk membayar di bank.
    •  Pembayaran menggunakan nomor tagihan melalui Bank Mandiri. Pastikan menyimpan slip pembayaran tersebut. Melampirkan persyaratan pendaftaran di uii.id/daftar_magisterfarmasi_UII
Magister Hukum

Syarat Pendaftaran

Magister Ilmu Hukum yang harus dipersiapkan untuk di uplod pada Portal PMB ini antara lain :

  1. WNI atau WNA yang memiliki ijin dari yang berwenang.
  2. Bagi WNA harus memiliki ijin tinggal (visa) yang pengurusannya melalui Kantor Rektorat.
  3. Lulus S1 dari semua program studi yang terakreditasi. Bagi lulusan S1 Non Hukum wajib mengikuti Matrikulasi.
  4. Melampirkan scan Ijazah/Surat Keterangan Lulus dan Transkrip Akademik S1
  5. Memiliki nilai IPK minimal 3.00.
  6. Rekomendasi akademik dari dua (2) dosen yang bergelar Doktor dan/atau Pimpinan di tempat kerja. Form rekomendasi akan dikirimkan ke email masing-masing dosen pemberi rekomendasi   (Pemberi rekomendasi mengisi langsung melalui link yang telah dikirimkan oleh sistem PMB ke E-mail pemberi rekomendasi, sesuai alamat E-mail yg diinputkan oleh calon pendaftar).
  7. Menuliskan rencana penulisan tesis meliputi judul, latar belakang, dan rumusan masalah yang akan diteliti.
  8. Melampirkan pasfoto berwarna terbaru
  9. Melampirkan scan kartu identitas pribadi (KTP/SIM/Paspor).
  10. Melampirkan scan slip biaya pendaftaran

Biaya Pendaftaran :

Rp 750.000,- dibayarkan ke No.rekening : 7666000069 a.n Magister Hukum UIIBank Syariah Indonesia

Rincian Biaya Studi :

AngsuranBiayaKeterangan
Semester 1Rp. 9.500.000,-Heregristasi
Semester 2Rp. 9.000.000,-Syarat UAS Sem 1
Semester 3Rp. 9.000.000,-Syarat UAS Sem 2
Semester 4Rp. 9.000.000,-Syarat Ujian Tesis

Silahkan daftar langsung di sini.

Magister Kenotariatan

Syarat Pendaftaran

PMB Magister Kenotariatan yang harus dipersiapkan untuk di uplod pada Portal PMB ini antara lain :

  1. WNI atau WNA yang memiliki ijin dari yang berwenang.
  2. Bagi WNA harus memiliki ijin tinggal (visa) yang pengurusannya melalui Kantor Rektorat.
  3. Lulus dari S1 Prodi Ilmu Hukum/atau Prodi yang terakreditasi bergelar S.H.
  4. Melampirkan scan Ijazah/Surat Keterangan Lulus dan Transkrip Akademik S1
  5. Memiliki nilai IPK minimal 3.00.
  6. Rekomendasi akademik dari dua (2) dosen yang bergelar Doktor dan/atau Pimpinan di tempat kerja. Form rekomendasi akan dikirimkan ke email masing-masing dosen pemberi rekomendasi  (Pemberi rekomendasi mengisi langsung melalui link yang telah dikirimkan oleh sistem PMB ke E-mail pemberi rekomendasi, sesuai alamat E-mail yg diinputkan oleh calon pendaftar).
  7. Menuliskan rencana penulisan tesis meliputi judul, latar belakang, dan rumusan masalah yang akan diteliti.
  8. Melampirkan pasfoto berwarna terbaru
  9. Melampirkan scan kartu identitas pribadi (KTP/SIM/Paspor).
  10. Melampirkan scan slip biaya pendaftaran

Biaya Pendaftaran :

Rp 750.000,- dibayarkan/Transfer ke rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) – 7030540179 atas nama Pasca Magister Hukum UII.

Rincian Biaya Studi :

AngsuranBiayaKeterangan
Semester 1Rp. 11.000.000,-Herregistrasi Awal
Semester 2Rp. 10.500.000,-Syarat UAS Sem 1
Semester 3Rp. 10.500.000,-Syarat UAS Sem 2
Semester 4Rp. 10.500.000,-Syarat UAS Sem 3

Silahkan daftar langsung di sini.

Magister Manajemen

SYARAT PENDAFTARAN

Program Magister Manajemen FBE UII dapat diikuti oleh para sarjana dengan latar belakang apapun (multi entry), baik yang sudah bekerja maupun fresh graduate.

Pengambilan formulir pendaftaran dapat dilakukan setiap saat pada jam kerja di bagian admisi. Aplikasi pendaftaran yang telah diisi dikembalikan ke admisi dengan melampirkan :

    • Tiga lembar fotokopi ijazah S1 yang dilegalisir
    • Satu lembar transkrip nilai S1 yang dilegalisir
    • Pas foto berwarna ukuran 2 x 3 dan 3 x 4, masing-masing 4 lembar
    • Fotokopi KTP
    • Fotokopi Akta Kelahiran
    • Lulus seleksi Test TPA

PROSEDUR PENDAFTARAN

Pendaftaran Periode I : Maret – Juni

Pendaftaran Periode II : September – Desember

Alur Pendaftaran :

  1. Mengambil formulir pendaftaran di admisi
  2. Mengisi dan mengembalikan formulir ke admisi disertai persyaratan
  3. Membayar biaya pendaftaran dan test TPA sebesar Rp 750.000,-
  4. Melakukan TPA (Test Potensi Akademik)

Informasi lebih lanjut :

Admisi Program Magister dan Doktor FBE UII

No Telp : 0274 883525

No Hp : 0813 2878 9856

Magister Ilmu Agama Islam
Syarat Umum
  1. Berlatar belakang pendidikan sarjana baik yang diperoleh dari Universitas/lnstitut Negeri maupun swasta semua jurusan. 
  2. Bagi peserta asing berlaku ketentuan bahwa yang bersangkutan menguasai bahasa Indonesia dan memperoleh izin dari Departemen Pendidikan Nasional.
  3. Membayar biaya pendaftaran dan Melengkapi formulir pendaftaran.
Syarat Khusus
  1. Biaya pendaftaran Rp 500.000 (Tiga ratus ribu rupiah).
  2. Surat Pernyataan Bermaterai
  3. Referensi Akademik / Surat Rekomendasi Rekomendasi
  4. Ijazah S1 Legalisir
  5. Transkip Nilai S1 Legalisir
  6. Sertifikat TOEFL/CEPT/TOAFL
  7. Akte Kelahiran Calon Mahasiswa
  8. KTP dan KK Calon Mahasiswa
  9. Izin dari instansi bagi yang sudah bekerja.
  10. Foto berwarna terbaru ukuran 4×6 dengan latar belakang warna Biru, wajah terlihat jelas dengan posisi menghadap lurus ke arah kamera, mata terbuka, dan tidak tertutupi oleh ornamen. Proporsi wajah 80% dari area foto.
Prosedur Pendaftaran
  1. Membayar biaya pendaftaran via Transfer
  2. Konfirmasi Pembayaran Pendaftaran melalui 081-7542-5758 atau datang langsung ke Bagian Administrasi Prodi MIAI FIAI UII, Jl. Kaliurang KM 14. Kampus UII terpadu, Gedung Wahid Hasyim, Yogyakarta
  3. Pengiriman formulir dengan pilihan:
    • Formulir Hardcopy, dikirim via pos ke alamat pendaftar
    • Formulir Online, link akan dikirim via contact person pendaftar
  4. Mengisi Formulir pendaftaran dan mengembalikannya ke Prodi
    • Untuk Formulir Hardcopy pengembalian  dengan melampirkan Syarat-syaratnya
    • Untuk Formulir Online berkas persyaratan langsung diupload
Magister Ilmu Ekonomi

SYARAT PENDAFTARAN

Program Magister Ilmu Ekonomi FBE UII dapat diikuti oleh para sarjana dengan latar belakang apapun (multi entry), baik yang sudah bekerja maupun fresh graduater.

Pengembilan formulir pendaftaran dapat dilakukan setiap saat pada jam kerja di bagian admisi. Aplikasi pendaftaran yang telah diisi dikembalikan ke admisi dengan melampirkan :

    • Tiga lembar fotokopi ijazah S1 yang dilegalisir
    • Satu lembar transkrip nilai S1 yang dilegalisir
    • Pas foto berwarna ukuran 2 x 3 dan 3 x 4, masing-masing 4 lembar
    • Fotokopi KTP
    • Fotokopi Akta Kelahiran
    • Lulus seleksi Test TPA

PROSEDUR PENDAFTARAN

Pendaftaran Periode I : Maret – Juni

Pendaftaran Periode II : September – Desember

Alur Pendaftaran :

  1. Mengambil formulir pendaftaran di admisi
  2. Mengisi dan mengembalikan formulir ke admisi disertai persyaratan
  3. Membayar biaya pendaftaran dan test TPA sebesar Rp 750.000,-
  4. Melakukan TPA (Test Potensi Akademik)

Informasi lebih lanjut :

Admisi Program Doktor dan Magister

No Telp : 0274 883525

No Hp : 0813 2878 9856

Magister Statistika

PENDAFTARAN

a. Syarat Administrasi

  1. Daftar riwayat hidup dan motivation letter (template)
  2. Rekomendasi dari 2 (dua) orang, dosen pembimbing akademik dan/atau dosen pembimbing tugas akhir ketika D4/S1 (Klik Disini)
  3. Surat ijin belajar dari atasan bagi yang telah bekerja
  4. Scan Ijazah asli D4/S1
  5. Scan Transkrip asli D4/S1
  6. File pasfoto resmi berwarna 3 x 4 dengan latar belakang berwarna biru
  7. Scan sertifikat asli tes kemampuan bahasa inggris*
  8. Scan sertifikat asli tes kemampuan akademik*
  9. Bukti pembayaran pendaftaran

b. Alur Pendaftaran

  1. Calon mahasiswa membuka laman https://admisi.uii.ac.id
  2. Bagi yang sudah memiliki NIU (Nomor Induk Utama), silahkan login dengan memasukkan NIU & Password.
  3. Bagi yang belum memiliki NIU (Nomor Induk Utama), silahkan pilih “Buat Akun” dengan menyiapkan file scan kartu identitas KTP/SIM/KK dan file foto resmi, masing-masing file maksimal 2 MB, format JPEG/JPG/PNG. Kemudian login menggunakan NIU & Password.
  4. Melakukan pembelian formulir dengan memilih menu Beli Formulir,
  5. Pilih Jenjang Pendidikan: Magister S2. Pola Seleksi: PMB Pascasarjana dan Pilihan Jumlah Prodi: 1 pilihan. Kemudian pilih: Fakultas MIPA dan Magister Statistika
  6. Setelah selesai proses akan mendapatkan nomor tagihan yang tertera pada layar, dan selanjutnya akan digunakan untuk membayar di bank. Pembayaran Pendaftaran Sebesar Rp.250.000 menggunakan nomor tagihan melalui Bank Mandiri. Pastikan menyimpan slip pembayaran tersebut. 
  7. Pembayaran dapat dilakukan via Teller, ATM, atau Mobile Banking Bank Mandiri
  8. Melampirkan persyaratan pendaftaran di http://bit.ly/pendaftarans2statuii
Magister Informatika
PENDAFTARAN DAN SELEKSI
  • Lulusan S1/D4 Teknik Informatika atau disiplin ilmu selain Informatika
  • Form Pendaftaran
  • Bukti pembayaran biaya pendaftaran (Rp. 500.000,-)
  • Surat pernyataan motivasi (motivation letter).
  • Fotokopi ijazah S1/D4 yang telah dilegalisir
  • Fotokopi transkrip S1/D4 yang telah dilegalisir (Syarat: IPK >= 2.75)
  • Rekomendasi dari pembimbing akademik dan/atau dari pimpinan/atasan
PROSEDUR PENDAFTARAN
  1. Pendaftaran melalui tautan ini
  2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran
  3. Menyerahkan/mengirimkan dokumen pendaftaran
  4. Melaksanakan ujian potensi akademik
  5. Mengikuti seleksi wawancara
  6. Mengikuti Tes Kemampuan Bahasa Inggris melalui Cilacs UII
  7. Pengumuman hasil penerimaan
Magister Rekayasa Elektro

PENDAFTARAN DAN SELEKSI

Pendaftaran dan Seleksi (bisa dilihat juga di laman https://ee.uii.ac.id/info-admisi-s2/)

  • Lulusan S1/D4 Fisika, Matematika, Teknik Elektro, Statistika, Elektronika Instrumentasi, atau program studi lainnya dengan tambahan syarat lulus program matrikulasi
  • Mengisi dan menyerahkan form pendaftaran
  • Bukti pembayaran biaya pendaftaran (Rp. 300.000,-)
  • Fotokopi ijazah S1/D4 yang telah dilegalisir
  • Fotokopi transkrip S1/D4 yang telah dilegalisir (Minimal IPK = 2,75 skala 4,00)
  • Sertifikat TOEFL
  • Setifikat Tes Potensial Akademik (TPA)
  • Pas foto terbaru
  1.  

PROSEDUR PENDAFTARAN

  1. Pendaftaran melalui tautan berikut:
    a. Jalur regular (biaya mandiri) http://uii.id/pendaftaranS2TEUII
    b. Jalur beasiswa UII http://uii.id/beasiswaS2TEUII
  2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran
  3. Menyerahkan/mengirimkan dokumen pendaftaran
  4. Mengikuti seleksi wawancara
  5. Pengumuman hasil penerimaan
Magister Teknik Industri

PENDAFTARAN DAN SELEKSI

Adapun proses pendaftaran sebagai beriku:

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran & Formulir Rekomendasi:
    • Formulir Pendaftaran (isi di sini)
    • Formulir Rekomendasi (unduh docx atau pdf)
  2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000
    • Transfer ke Bank Mandiri, nomor rekening: 1370005103789 a.n. Universitas Islam Indonesia
  3. Menyerahkan/mengirimkan dokumen pendaftaran yang terdiri dari:
    • Formulir pendaftaran
    • Surat rekomendasi yang telah diisi dan ditandatangani
    • Bukti pembayaran biaya pendaftaran
    • Surat pernyataan motivasi (motivation letter).(Unduh template)
    • Fotokopi ijazah S1/D4 yang telah dilegalisir (2 lembar)
    • Fotokopi transkrip S1/D4 yang telah dilegalisir (2 lembar)
    • Surat pengalaman kerja (khusus bagi pendaftar dengan IPK kurang dari 2,75)
    • Rekomendasi dari pembimbing akademik/tugas akhir S1/D4 dan/atau dari pimpinan/atasan (bagi yang masih bekerja) (2 buah)
    • Pas foto berwarna 3×4 cm (2 lembar) dan 4×6 (2 lembar)
    • Surat keterangan kesehatan dari dokter
  4. Melaksanakan ujian potensi akademik
  5. Mengikuti seleksi wawancara (khusus bagi pendaftar beasiswa alumni)
  6. Pengumuman hasil penerimaan

Dokumen pendaftaran diserahkan/dikirimkan kepada:

Ketua Prodi Teknik Industri Program Magister
Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia

Gedung KH. Mas Mansur, Kampus Terpadu
Jl. Kaliurang KM 14,5 Sleman 55584 Yogyakarta
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
T. +62 274 895287 ext. 114, Whatsapp +62 813.9246.9391
F. +62 274 985007
E. [email protected] (Magister Teknik Industri)

Magister Teknik Kimia
Proses pendaftaran mahasiswa baru Program Studi Teknik Kimia Program Magister dilakukan dua kali dalam setahun, pada awal semester ganjil (Bulan Agustus) dan semester genap (Bulan Februari).
  • Gelombang pertama berakhir pada Bulan Februari
  • Gelombang kedua berakhir pada Bulan Agustus
Persyaratan pendaftaran calon mahasiswa baru adalah sebagai berikut:
  1. Masuk ke laman admisi.uii.ac.id untuk membuat NIU dan password.
  2. Masuk ke laman admisi.uii.ac.id dan menyelesaikan semua proses registrasi.
  3. Mengunduh dan mengisi formulir pendaftaran yang dapat diperoleh pada laman che.uii.ac.id/magister/admisi
  4. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,00 ke nomor rekening 1370002283907 a.n. Universitas Islam Indonesia. Biaya pendaftaran tersebut bersifat non-refundable (tidak dapat dikembalikan) apabila calon mahasiswa memutuskan untuk tidak melanjutkan ke proses seleksi.
  5. Mengirimkan pindai ijazah terakhir yakni ijazah S1/D4 (Teknik Kimia, Ilmu Kimia, Pendidikan Kimia, Farmasi, Teknik Lingkungan atau Prodi lain yang berkaitan dengan bidang teknik kimia).
  6. Mengirimkan pindai sertifikat kecakapan Bahasa Inggris (CEPT/TOEFL/IBT/IELTS) yang masih berlaku.
  7. Mengirimkan pindai sertifikat Tes Potensi Akademik yang masih berlaku.
  8. IPK minimal 3.00 (skala 4.00) yang dibuktikan dengan pindai Transkrip Nilai.
  9. Mengirimkan surat pengalaman kerja (bagi karyawan).
  10. Mengirimkan softfile pasfoto berwarna.
  11. Bukti dokumen 4 s.d. 10 dikirimkan ke email [email protected].
Magister Teknik Lingkungan

Kualifikasi Calon Mahasiswa

Lulusan S1 program studi eksakta maupun non-eksakta.
Pegawai kepemerintahan, pegawai industri, praktisi, dan pekerja lainnya di bidang lingkungan.
Calon mahasiswa yang merupakan lulusan dari luar bidang Teknik Lingkungan akan diwajibkan mengambil matrikulasi (berdasarkan hasil interview).

Persyaratan Pendaftaran

Pindaian (scan) asli ijazah dan transkrip nilai Strata 1 (S1) yang sudah dilegalisir.
Surat rekomendasi. Formulir rekomendasi dapat diunduh pada tautan berikut: bit.ly/form_rekomendasi_MTLUII
Bukti hasil Tes Potensi Akademik (TPA) dengan minimal skor 500.*
Bukti hasil TOEFL dengan minimal skor 475.*
Judul dan abstrak tugas akhir (skripsi) S1.
Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 500,000
Mendaftar pada tautan berikut: https://s.id/PendaftaranMTLUII
* bisa disusulkan maksimal sebelum tahun ke-2 pendidikan

Magister Teknik Sipil

Membayar biaya pendaftaran dan biaya seleksi sebesar Rp 500.000,- melalui Rekening UII Magister Teknik Sipil di Bank Mandiri Syariah Nomor: 7333222277 dan mengirimkan bukti pembayaran ke Sekretariat PSTS-PM FTSP UII secara langsung atau melalui faksimili: (0274) 896441 atau email: [email protected]

PROSEDUR PENDAFTARAN

  1. Mengisi formulir pendaftaran secara manual, dengan prioritas secara online, melalui formulir yang dapat diunduh di master.civil.uii.ac.id
  2. Melampirkan berkas-berkas sebagai berikut:
    • Fotokopi Ijazah S1 yang telah dilegalisir sebanyak 2 (dua) lembar;
    • Fotokopi Transkrip Nilai S1 yang telah dilegalisir sebanyak 2 (dua) lembar;
    • Biodata (CV) disertai foto profil bebas santai ukuran 4×6 cm;
    • Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 dan 3 x 4 masing-masing 2 (dua) lembar;
    • Fotokopi KTP dan KK masing-masing (satu) lembar;
    • Fotokopi Akte Kelahiran;
    • Surat ijin atau tugas belajar dari instansi yang mengusulkan bagi PNS;
    • Surat rekomendasi dari 2 (dua) orang yang ditujukan ke dosen pembimbing S1 dan atau atasan jika sudah bekerja;
    • Fotokopi sertifikat penghargaan atau prestasi yang pernah diraih.

POLA SELEKSI

Mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Bahasa Inggris di Cilacs UII (CEPT), dan Wawancara yang diselenggarakan oleh PSTS-PM FTSP UII sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Pola Seleksi Khusus:

Pada masa pandemi Covid-19, pola seleksi yang diterapkan secara online berdasarkan IPK S-1, Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi asal calon mahasiswa dan tes Bahasa Inggris secara daring.

Magister Kimia
PENDAFTARAN Proses Pendaftaran mahasiswa baru Magister Kimia dilakukan 2 kali dalam setahun, setia awal semester (Februari dan Agustus) pada tahun bersangkutan.
  • Gelombang pertama berakhir Februari
  • Gelombang kedua berakhir Agustus
Persyaratan:
  1. Mengisi formulir pendaftaran dapat dilakukan secara daring di sini atau datang langsung ke Sekretariat Program Studi Magister Kimia.
  2. Membayar Biaya Pendaftaran Rp. 300.000,- biaya pendaftaran tersebut bersifat non-refundable (tidak dapat dikembalikan) apabila calon mahasiswa memutuskan untuk tidak melanjutkan ke proses seleksi.
  3. Menyerahkan 1 lembar fotokopi ijazah terakhir (dilegalisir) yakni Ijazah Sarjana (Ilmu Kimia, Pendidikan Kimia, Teknik Kimia, Farmasi, Teknik LIngkungan atau Prodi lain yang berkaitan dengan bidang kimia).
  4. Menyerahkan 1 lembar fotokopi Transkip nilai (dilegalisir).
  5. Menyerahkan 1 lembar fotokopi sertifikat kecakapan bahasa inggris (CEPT/ITP/IBT/TOEIC/IELTS) dari lembaga resmi penyelenggara tes Bahasa Inggris.
  6. Menyerahkan 1 lembar fotokopi sertifikat Tes Potensi Akademik (TPA).
  7. Menyerahkan 2 lembar pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm.
INFORMASI TAMBAHAN Program Studi Magister Kimia FMIPA UII telah membuka penerimaan mahasiswa baru Program Pendidikan Jarak Jauh/ Online Program. Dimana program ini merupakan program pendidikan S2 bagi karyawan perusahaan, guru, pegawai negeri/swasta, laboran dan siapa saja yang ingin melanjutkan kuliah dan menyiapkan karir cemerlang dibidang kimia tanpa harus meninggalkan aktivitas lainnya.

Program Doktoral (S3)

Doktor Hukum Islam
  1. Syarat Umum

    Persyaratan umum bagi calon peserta program Doktor adalah berlatar belakang pendidikan Magister baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun swasta semua jurusan. Bagi peserta asing berlaku ketentuan bahwa yang bersangkutan menguasai bahasa Indonesia dan memperoleh izin dari Departemen Pendidikan Nasional. Melengkapi formulir pendaftaran serta membayar biaya pendaftaran.

  2. Syarat Khusus
    • Bagi mahasiswa yang berlatar belakang strata 2 (S-2) di bidang bukan Hukum Islam, maka kurikulumnya ditambah dengan minimal menempuh matakuliah matrikulasi;
    • Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3,00 (tiga koma nol);
    • Menyerahkan Nilai TOEFL Intitutional atau International yang masih berlaku;
    • Memiliki publikasi ilmiah pada jurnal ilmiah dengan topik yang relevan dengan proposal yang diajukan minimal 1 (satu) buah;
    • Ada izin untuk kuliah dari Atasan (bagi yang bekerja);
    • Adanya jaminan pembiayaan: dari instansi yang menugaskan, atau dari lembaga pemberi dana/sponsor (bagi yang bekerja di dinas/lembaga);
    • Mengajukan proposal penelitian sebanyak 4 (empat) eksemplar yang akan diteliti dan dinilai oleh Tim Peneliti Proposal Program Doktor Hukum Islam UII. Apabila calon peserta diterima maka proposal tersebut dapat dilanjutkan dalam rangka penyusunan disertasi peserta yang bersangkutan;
    • Mengisi dan memenuhi persyaratan yang ada pada formulir pendaftaran Program Doktor Hukum Islam UII.
Doktor Ilmu Ekonomi
Kualifikasi Calon Mahasiswa
  • Lulusan S2 dari berbagai bidang ilmu
  • Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S1 minimal 2.75 dan jenjang S2 minimal 3.25.
  • Memiliki skor TPA 550 dan TOEFL 500
  • Lolos wawancara bidang akademik dan psikologi
Syarat Pendaftaran
  • Melampirkan copy ijazah S2 dan S1 yang sudah dilegalisir
  • Melampirkan copy transkrip yang sudah dilegalisir
  • Melampirkan copy skor TPA dan TOEFL
  • Menyerahkan paper akademik rencana disertasi (10-15 halaman 2 spasi)
  • Melampirkan 2(dua) surat rekomendasi dari orang yang bisa memberikan penilaian kemampuan akademik calon
  • Melampirkan daftar karya ilmiah yang pernah dipublikasikan dan sertakan satu karya yang dianggap terbaik
Waktu Pendaftaran
  • Membuka 2 intake pendaftaran
  • Pendaftaran dibuka setiap saat sepanjang tahun:
  • pendaftaran untuk intake semester ganjil ditutup 30 Juni
  • pendaftaran untuk intake semester genap ditutup 31 Desember.
  • Ujian saringan masuk diselenggarakan setiap semester.
.
Doktor Hukum

Syarat Pendaftaran

Doktor Ilmu Hukum yang harus dipersiapkan antara lain :

  1. WNI atau WNA yang memiliki ijin dari yang berwenang.
  2. Bagi WNA harus memiliki ijin tinggal (visa) yang pengurusannya melalui Kantor Rektorat.
  3. Lulusan S1 dan S2 yang terakreditasi dengan ketentuan salah satu atau kedua-duanya dari program studi ilmu hukum.
    Bagi lulusan S2 Non Hukum wajib mengikuti Matrikulasi
  4. Ijazah serta Transkrip Nilai Akademik S1 dan S2 yang telah dilegalisir.
  5. Memiliki nilai IPK minimal 3.00 baik pada jenjang S1 maupun S2.
  6. Rekomendasi akademik dari dua (2) dosen yang bergelar Doktor dan/atau Pimpinan di tempat kerja  (Pemberi rekomendasi mengisi langsung melalui link yang telah dikirimkan oleh sistem PMB ke E-mail pemberi rekomendasi, sesuai alamat E-mail yg diinputkan oleh calon pendaftar).
  7. Rencana penulisan disertasi (judul, latar belakang, dan rumusan masalah yang akan diteliti).
  8. Daftar riwayat hidup (curriculum vitae).
  9. Pasfoto berwarna terbaru
  10. Scan kartu identitas pribadi (KTP/SIM/Paspor).
  11. Scan slip biaya pendaftaran

Biaya Pendaftaran :

Rp 1.000.000,- dibayarkan ke rekening a.n Pasca Doktor Hukum UII : Bank Syariah Indonesia no.rek 7666000077

Silahkan daftar langsung di sini)

Doktor Teknik Sipil
  1. Warga Negara Indonesia atau Warna Negara Asing yang mendapat persetujuan Dirjen DIKTI;
  2. Pas foto terbaru berwarna ukuran 3 × 4 cm dan 4 × 6 cm masing-masing 2 lembar;
  3. Memiliki ijasah kelulusan (fotokopi ijasah yang telah dilegalisasi dibawa pada saat ujian wawancara);
  4. IPK calon mahasiswa (transkrip akademik yang telah dilegalisasi wajib dibawa ketika ujian wawancara), dengan ketentuan, S1 minimum 2,75, S2 minimum 3,25
  5. Memiliki nilai/sertifikat TOEFL/IELTS sebagai berikut: Program Doktor nilai TOEFL minimal 500 atau IELTS 5,5 (Sertifikat asli harap dibawa ketika ujian wawancara);
  6. Memiliki nilai/sertifikat skor TPA minimal 500 yang masih berlaku;
  7. Mengikuti ujian tertulis;
  8. Menyertakan Proposal Usulan Penelitian untuk Tesis/Desertasi; judul dan ringkasan penelitian yang memuat latar belakang, permasalahan yang akan dipecahkan, tujuan dan metode penelitian. Ringkasan tidak lebih dari 350 kata. Proposal lengkap sebanyak 2(dua) eksemplar dibawa ketika ujian wawancara, dan
  9. Calon mahasiswa adalah lulusan dari jurusan Teknik, MIPA, dan bidang lainnya yang relevan dengan Teknik Sipil dan Pengurangan Risiko Bencana.
Doktor Manajemen
Syarat dokumen yang perlu dilampirkan:
  1. Kartu tanda pengenal, seperti KTP atau paspor.
  2. Curriculum vitae.
  3. Pas foto terbaru (berwarna).
  4. Ijazah asli atau fotokopi ijazah yang telah dilegalisir oleh instansi terkait dari jenjang pendidikan sebelumnya (S2 atau setara). Bagi lulusan luar negeri, wajib melampirkan SK penyetaraan ijazah yang telah diterbitkan oleh Dikti.
  5. Transkrip nilai asli atau fotokopi transkrip nilai yang telah dilegalisir yang menunjukkan indeks prestasi kumulatif (IPK) pada jenjang S2 setara minimal 3,00.
  6. Fotokopi sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal terbit sertifikat). Tes kemampuan Bahasa Inggris yang diterima:
    Jenis Tes Skor Minimal
    Institutional Testing Program (ITP) TOEFL 450
    Internet-Based (iBT) TOEFL 45
    IELTS 5.0
    CEPT – CILACS UII 550 (Good User)
  7. Surat rekomendasi dari 2 (dua) orang yang dianggap mampu memberikan jaminan kelayakan akademik, misalnya supervisor thesis atau atasan tempat calon mahasiswa bekerja. (unduh template di bit.ly/suratrekomendasimnj ).
  8. Hasil tes TPA.
  9. Proposal penelitian
Doktor Rekayasa Industri

Calon Mahasiswa Program Doktor Rekayasa Industri FTI UII harus memenuhi persyaratan-persyaratan, sebagai berikut:

KELENGKAPAN DOKUMEN

persyaratan, terdiri dari:

  1. Ijazah/bukti kelulusan dari tahapan pendidikan sebelumnya (S1/D4 dan S2*)
  2. Transkrip dari tahapan pendidikan sebelumnya (S1/D4 dan S2*)
  3. Rekomendasi dari 2 (dua) orang (dosen atau atasan)
  4. Hasil TOELF atau CEPT (jika sudah ada)
  5. Hasil TPA (jika sudah ada)
  6. Bukti Pembayaran Biaya Pendaftaran
  7. Scan KTP
  8. Pas Foto (warna)
  9. Curriculum Vitae (dan rekam jejak publikasi)
  10. Proposal rencana penelitian

SELEKSI WAWANCARA, dengan gambaran materi, diantaranya:

  • Motivasi
  • Arah Penelitian
  • Wawasan (khususnya terkait pemahaman bidang)
  • Pengalaman dalam Kerja Kelompok/Penelitian
  • Pendanaan/Sumber Biaya/Sponsor
  • Kendala Nonteknis (diluar proses belajar akademik dan berpotensi mempengaruhi keberhasilan calon mahasiswa)

Program Profesi

Profesi Arsitek

Syarat Pendaftaran

  1. Lulusan Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia
  2. Lulusan Program Studi Arsitektur* (bila kuota terpenuhi)
  3. Ijazah dan Transkrip yang telah dilegalisir
  4. Nilai rata-rata studio Perancangan minimal B
  5. IPK minimal 3,00
  6. Bukti kecakapan berbahasa inggris TOEFL/IELTS/ CEPT dengan minimal skor 425
  7. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  8. Pas Foto terbaru dengan background berwarna biru tua (biru UII)
  9. Rekomendasi dari 2 orang (mahasiswa telah mendapat persetujuan dari pemberi rekomendasi)
  10. Portofolio

Prosedur Pendaftaran

    1. Calon Mahasiswa wajib mengisi Formulir Pendafataran online di https://tinyurl.com/PMB-PPArUII
      • Pas Foto Terbaru (background biru tua CMYK : 100/99/1/0)
      • Foto KTP
      • Fotokopi Ijazah S1 Arsitektur yang telah dilegalisir*
      • Fotokopi Transkrip Nilai s1 Arsitektur yang telah dilegalisir*
      • Bukti kecakapan bahasa inggris*
      • Melampirkan nama pemberi rekomendasi (2 orang) yang nantinya akan dihubungi oleh sekretariat
    2. Calon Mahasiswa wajib mencantumkan no kontak yang dapat dihubungi oleh panitia.
    3. Calon Mahasiswa melaksanakan Psikotest dan Test Wawancara
    4. Pengumuman hasil

Mahasiswa yang telah diumumkan diterima, wajib melaksanakan registrasi ulang dan akan kehilangan haknya sebagai mahasiswa baru jika tidak melaksanakan registrasi sesuai jadwal yang ditetapkan.

Proses :

    • Melakukan pembelian formulir seleksi mahasiswa baru dengan memilih menu beli formulir Tes Online
    • Memilih Fakultas Teknik Sipil dan Profesi Arsitek

Pembayaran ditujukan ke rekening PPAr Bank Syariah Indonesia (BSI) No Rekening 7090570328

Profesi Dokter

Bersyarat dan diambil bersama Program Sarjana Pendidikan Dokter.

Profesi Apoteker

PERSYARATAN PENDAFTARAN

Pendaftar Alumni S1 Farmasi UII

  • Lulus S1 dengan IPK ≥ 2,5 dengan maksimal masa studi 5 tahun (khusus untuk angkatan 2016 dan setelahnya) dengan melampirkan : Scan ijasah S1 asli, atau SKL S1 asli, Scan transkrip nilai asli, atau KHS asli.
  • Mendaftar PMB PSPA UII maksimal 3 kaliLampiran : Surat pernyataan bermaterai.  (Form Surat Pernyataan dapat diunduh di sini saat pendaftaran dibuka)
  • Sehat jiwa dengan melampirkan scan Surat Keterangan Sehat jiwa asli dari dokter jiwa Rumah Sakit Pemerintah.
  • Surat keterangan bebas narkoba dibuktikan dengan hasil berdasarkan pemeriksaan laboratorium minimal 2 (Amphetamin , Metamphetamin, Cocaine, Canna, Opiate, morfin, benzodiazepin, barbiturat). Scan surat keterangan bebas narkoba asli dan batas waktu maksimal 1 bulan dari tanggal pendaftaran.
  • Skor CEPT/TOEFL min 450 (scan sertifikat CEPT/TOEFL asli)
  • Rekomendasi dosen pembimbing skripsi dengan menuliskan nama pembimbing skripsi 1 disertai alamat email pada formulir online yang telah disediakan.
  • Melampirkan formulir surat pernyataan jaminan keaslian dokumen. Surat pernyataan ditandatangani di atas materai 10.000. (Form Surat Pernyataan dapat diunduh di sini saat pendaftaran dibuka)
  • Melampirkan bukti identitas diri berupa : Soft file Pas Foto berwarna terbaru (JPG, JPEG, PNG) maksimal 2MB, Softfile hasil scan KTP / Kartu Keluarga (JPG, JPEG, PNG) yang telah di fix crop, maksimal 2 MB
  • Semua bukti scan berkas persyaratan adalah asli dan dalam kondisi berwarna.

Pendaftar Alumni S1 Farmasi Non UII

  • Akreditasi Prodi asal S1 minimal B dengan melampirkan : Scan SK akreditasi Prodi S1 Farmasi yang masih berlaku. Tidak menerima pendaftar dari lulusan D3 yang kemudian melanjutkan ke S1 Farmasi.
  • Lulusan S1 Farmasi paling lama dua tahun terakhir (maksimal lulus pada 1 September 2019)
  • Lulus S1 dengan IPK ≥ 3,0 dan maksimal masa studi 5 tahun dengan melampiran : Scan ijasah S1 asli, Scan transkrip nilai asli
  • Mendaftar PMB PSPA UII maksimal 3 kaliLampiran : Surat pernyataan bermaterai (Form Surat Pernyataan dapat diunduh di sini saat pendaftaran dibuka)
  • Sehat jiwa dibuktikan dengan melampirkan : Scan surat keterangan sehat jiwa asli dari dokter jiwa Rumah Sakit Pemerintah
  • Surat keterangan tidak buta warna (Scan surat keterangan tidak buta warna asli dari dokter spesialis mata), batas waktu maksimal 1 bulan dari tanggal pendaftaran.
  • Surat keterangan bebas narkoba dibuktikan dengan hasil berdasarkan pemeriksaan laboratorium minimal 2 (Amphetamin , Metamphetamin, Cocaine, Canna, Opiate, morfin, benzodiazepin, barbiturat). Scan surat keterangan bebas narkoba asli dan batas waktu maksimal 1 bulan dari tanggal pendaftaran.
  • Skor CEPT/TOEFL min 450 (Scan sertifikat CEPT/TOEFL asli)
  • Rekomendasi dosen pembimbing skripsi dengan menuliskan nama pembimbing skripsi 1 disertai alamat email pada formulir online yang telah disediakan.
  • Melampirkan formulir surat pernyataan jaminan keaslian dokumen. Surat pernyataan ditandatangani di atas materai 10.000. (Form Surat Pernyataan dapat diunduh di sini saat pendaftaran dibuka)
  • Melampirkan bukti identitas diri berupa : Soft file Pas Foto berwarna terbaru (JPG, JPEG, PNG) maksimal 2MB, Softfile hasil scan KTP / Kartu Keluarga (JPG, JPEG, PNG) yang telah di fix crop, maksimal 2 MB.
  • Semua bukti scan berkas persyaratan adalah asli dan dalam kondisi berwarna.
 
Profesi Psikologi

PERSYARATAN PENDAFTARAN

  • Ijazah Program Sarjana Psikologi (S1)
  • Minimal IPK 3,00 dari PT dengan akreditasi B
  • Transkrip nilai Program Sarjana Psikologi (S1)
  • Sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris, nilai minimal TOEFL 450
  • Pas foto terbaru 3×4 latar belakang biru
  • Scan Sertifikat akreditasi PT
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Melampirkan 2 (dua) surat rekomendasi dari dosen dan/atau tempat kerja
  • Biaya pendaftaran Rp. 850.000,-
  • Biaya matrikulasi Rp.4.000.000,- (dibayarkan sekali pada saat registrasi)