Home
Challenge Yourself
Explore Yourself
Jelajah UII

PBT – Paper Based Test

Tentang PBT

PBT adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan secara tertulis. Semua program studi melakukan seleksi calon mahasiswa menggunakan pola seleksi PBT.

Khusus untuk program studi Pendidikan Dokter (FK), proses seleksi terdiri atas dua tahap seleksi, yaitu (1) seleksi ujian tertulis melalui PBT, dan (2) seleksi tahap dua berupa ujian komprehensif.

Pola seleksi PBT dibagi ke dalam dua kategori, yaitu PBT Potensi dan Mandiri.

  • PBT Potensi. Pada pola seleksi ini hasil nilai UPCM akan menentukan kelulusan dan juga menentukan besarnya Dana Catur Darma. Dengan pola ini, semakin tinggi nilai UPCM semakin rendah nilai Dana Catur Darma yang diwajibkan. PBT Potensi dibuka untuk seluruh program studi.
  • PBT Mandiri. Pada pola seleksi ini nilai UPCM akan menentukan kelulusan pendaftar, sedangkan besar Dana Catur Darma ditentukan secara mandiri oleh orang tua/wali calon mahasiswa. Batas minimum Dana Catur Darma ditentukan oleh program studi yang dipilih oleh calon mahasiswa.

Seluruh program studi membuka kategori PBT Potensi dan PBT Mandiri.

Biaya Pendaftaran

Pendaftar PBT dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi.

  • PBT tanpa pilihan Prodi Pendidikan Dokter sebesar Rp 300.000,-
  • PBT dengan pilihan Prodi Pendidikan Dokter sebesar Rp 400.000,-

 

Syarat & Prosedur

  1. Melakukan proses pendaftaran secara daring (online) melalui tautan sistem admisi yang tersedia pada laman ini (admisi.uii.ac.id). Proses ini dapat dilakukan di mana saja (tidak harus datang ke lokasi tes):
    • Bagi pendaftar yang belum memiliki Nomor Induk Utama (NIU), diwajibkan key in untuk memperoleh NIU UII (lihat caranya di sini).
    • Memilih pola seleksi PBT secara daring (online) pada Menu “Beli Formulir”;
    • Memilih program studi;
    • Mendapatkan nomor tagihan.
  2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran PBT. Pembayaran formulir dapat dilakukan di semua kanal yang dilayani (kantor cabang, loket di UII, ATM, dan/atau Internet banking) oleh Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, Bank BPD DIY Syariah, Bank Muamalat, dan Bank Bukopin.
  3. Ujian PBT akan dimulai pukul 09:00 WIB. Seluruh peserta ujian DIWAJIBKAN HADIR 60 menit sebelum ujian dimulai (pukul 08:00 WIB) untuk melakukan perekaman sidik jari dan menyerahkan kelengkapan persyaratan. Proses ini dilaksanakan di masing-masing lokasi tes (sebagaimana tertera di Kartu Ujian) dan TIDAK BOLEH DIWAKILI.
  4. Peserta wajib:
    • Menunjukkan kartu ujian yang telah dicetak sendiri dengan tinta warna (bukan hitam putih);
    • Menunjukkan surat tanda pengenal diri yang masih berlaku, yaitu: Kartu Tanda Penduduk/Paspor/Kartu Siswa/Surat Izin Mengemudi/Surat Keterangan Siswa dari Kepala Sekolah dengan foto diri yang dicap resmi oleh sekolah;
    • Khusus peserta yang memilih seleksi PBT Mandiri diharuskan mengisi surat pernyataan yang berisi kesanggupan pembayaran Dana Catur Dharma dan kesediaan tidak akan menarik kembali semua dana yang sudah dibayarkan. Surat pernyataan dapat diunduh melalui tautan yang tersedia di laman ini (kolom kanan). Surat pernyataan ini harus ditandatangani oleh orang tua atau wali.
    • Melakukan perekaman sidik jari peserta ujian oleh petugas.
  5. Peserta mengerjakan PBT sesuai jadwal dan lokasi.
  6. Pada jadwal yang telah ditentukan, peserta melihat dan mengunduh hasil pengumuman seleksi PBT melalui situs web pmb.uii.ac.id (dengan login terlebih dahulu):
    • Bagi pendaftar Program Studi Non-Pendidikan Dokter yang dinyatakan diterima dapat mencetak Surat Pemberitahuan Pernyataan Diterima.
    • Bagi pendaftar Program Studi Pendidikan Dokter yang dinyatakan lolos seleksi tahap pertama dapat mencetak Surat Pemberitahuan Lolos Seleksi Tahap Pertama dan selanjutnya wajib mengikuti proses seleksi tahap kedua sesuai jadwal yang ditentukan.

 

Jadwal Seleksi

Jadwal PBT

Tahapan PBT

logo UII

PANITIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU
UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

Alamat Kampus UII

Gedung Muhammad Adnan (D3 Ekonomi)
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang km. 14,5 Yogyakarta 55584
T (0274) 898444 Ekstensi 1234
F (0274) 898459
E admisi@uii.ac.id
W pmb.uii.ac.id

Lokasi Kampus UII