>>> Kembali ke Halaman Utama

REGISTRASI

Sebagai bagian dari proses menjadi mahasiswa UII, calon mahasiswa yang telah lulus seleksi diharuskan melakukan registrasi. Proses untuk menjadi mahasiswa UII adalah dengan melakukan registrasi.

Registrasi dilakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan untuk setiap pola seleksi (setelah mahasiswa dinyatakan diterima) dengan prosedur sebagai berikut:

1)  Melakukan pembayaran paket uang kuliah angsuran pertama (SPP dan angsuran Dana Catur Dharma) dengan menyebutkan atau menunjukkan nomor tagihan melalui:

  1. Kantor cabang Bank Mandiri, Bank Bukopin, Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri, atau Bank BPD DIY di seluruh Indonesia; atau
  2. ATM & e-channel (mobile banking & internet banking) Bank Mandiri, Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri atau Bank BPD DIY. Prosedur pembayaran dapat dilihat di laman web admisi.uii.ac.id

2)  Setelah melakukan pembayaran paket uang kuliah angsuran pertama, calon mahasiswa kemudian memasukkan data registrasi (key-in) secara daring (online) melalui laman admisi.uii.ac.id

VERIFIKASI DOKUMEN

Setelah Setelah melakukan proses registrasi, mahasiswa harus melakukan verifikasi dokumen sesuai jadwal dengan prosedur sebagai berikut:

1)  Membawa Kartu Ujian PMB untuk mahasiswa yang lolos dari pola seleksi CBT dan PBT.

2)  Menyerahkan bukti Surat Pemberitahuan Pernyataan Diterima sebagai calon mahasiswa UII Tahun Akademik 2017/2018;

3)  Menunjukkan Surat Tanda Kelulusan/Ijazah asli SMA atau sederajat serta menyerahkan fotokopi yang telah dilegalisir oleh pejabat/instansi yang berwenang;

4)  Menyerahkan fotokopi KTP, Kartu Keluarga dan akte kelahiran/surat kenal lahir yang dilegalisir oleh pejabat/instansi yang berwenang;

5)  Menyerahkan pas foto terbaru ukuran 3 x 4 cm berwarna  sebanyak 2 (dua) lembar;

6)  Menyerahkan surat pernyataan kesanggupan menaati seluruh peraturan yang berlaku di UII. Surat pernyataan tersebut diisi pada saat calon mahasiswa melakukan key-in registrasi daring (online) melalui laman admisi.uii.ac.id;

7)  Melakukan perekaman sidik jari dan pengambilan foto untuk Kartu Tanda Mahasiswa (KTM);

8)  Calon mahasiswa yang telah melakukan registrasi berdasar nomor UPCM tertentu dan bermaksud pindah ke program studi lain di lingkungan UII wajib melalui proses seleksi ulang sesuai dengan program studi yang dituju;

9)    Khusus untuk Program Studi Arsitektur, Teknik Kimia, Ilmu Kimia, Farmasi, Pendidikan Kimia dan Diploma III Analis Kimia wajib menyerahkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata;

10)  Khusus Program Studi Pendidikan Dokter wajib menyerahkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari dokter Spesialis Mata dan surat keterangan sehat jasmani dan kejiwaan dari SpKj (psikiater) yang memiliki SIP (Surat Izin Praktek);

11)  Khusus calon mahasiswa yang diterima melalui pola seleksi PSB (semua kategori) diwajibkan untuk menyerahkan fotokopi surat keterangan berkelakuan baik (Surat Keterangan Catatan Kepolisian – SKCK) dari Kepolisian yang telah dilegalisir;

12)  Khusus calon mahasiswa yang diterima melalui pola seleksi PSB (semua kategori) wajib menyerahkan surat pernyataan berisi kesanggupan/komitmen berpartisipasi dalam kegiatan akademik dan non-akademik sesuai dengan keunggulan yang dimiliki.

CALON MAHASISWA HARUS HADIR LANGSUNG KE UII. Dalam proses verifikasi dokumen akan dilakukan perekaman sidik jari dan pengambilan foto untuk Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sehingga calon mahasiswa harus datang langsung (tidak dapat diwakili) ke Kantor Pelayanan Terpadu, Direktorat Akademik di Gedung GBPH Prabuningrat (Lantai 1), Kampus Terpadu UII.

PENGUNDURAN DIRI

Pengunduran diri dari calon mahasiswa UII ditentukan sebagai berikut:

1)  Calon mahasiswa yang sudah registrasi dan akan mengundurkan diri, maka uang registrasi akan dikembalikan setelah dipotong biaya administrasi sebesar Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah).

2)  Pengembalian biaya registrasi yang telah dibayarkan, dilakukan hari berikutnya setelah administrasi pengunduran diri selesai diproses.

3)  Proses pengunduran diri sebagaimana dimaksud pada butir 1 (satu) hanya dapat dilakukan paling lambat 4 Agustus 2017.

4)  Proses pengunduran diri dilayani pada hari dan jam kerja.

5)  Pengunduran diri di luar ketentuan pada butir 1 (satu) sampai 4 (empat) di atas tidak akan dilayani.

Prosedur pengunduran diri dilakukan dengan cara mengisi formulir pengunduran diri yang disediakan oleh Direktorat Akademik, Gedung GBPH Prabuningrat, Kantor Rektorat UII (Lantai 1) Kampus Terpadu UII, Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta, dengan melampirkan bukti Pembayaran Registrasi.

Mekanisme pengunduran diri ini tidak berlaku untuk calon mahasiswa yang diterima melalui pola seleksi PBT Mandiri.

PEMBATALAN

Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima dan telah melakukan registrasi, ternyata di kemudian hari tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan atau ditemukan telah melakukan kecurangan, atau telah melakukan perbuatan secara melawan hukum, maka status yang bersangkutan sebagai mahasiswa/calon mahasiswa dinyatakan batal demi hukum.