>>> Kembali ke Halaman Utama

Computer Based Test (CBT) adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Pendaftar CBT dapat memilih maksimal dua pilihan program studi.

Hasil CBT dapat diperoleh segera setelah tes selesai dilakukan. Pendaftar yang lolos seleksi dan dinyatakan sebagai calon mahasiswa harus melakukan registrasi sesuai pada waktu dan prosedur yang dapat dilihat pada bagian registrasi dalam buku panduan ini.

JADWAL PELAKSANAAN CBT

CBT di Kampus Terpadu UII dilaksanakan 22 Desember 2016 s.d. 5 Agustus 2017 setiap hari Senin s.d. Sabtu pada pukul 08.00 – 14.00 WIB (kecuali hari libur yang akan diumumkan di laman admisi.uii.ac.id). CBT di Kampus Terpadu UII terbuka untuk pendaftar semua program studi. Khusus untuk Program Studi Pendidikan Dokter, CBT akan dilaksanakan dengan jadwal khusus yang akan diumumkan melalui situs web ini. Lokasi CBT di Kampus Terpadu UII terletak di:

Gd. Muhammad Adnan (D3 Ekonomi – Lt. 1) Kampus Terpadu UII
Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584

CBT di Luar Kampus Terpadu UII dilaksanakan 17 Januari 2017 s.d. 17 Juni 2017*. Informasi tentang lokasi penyelenggaraan CBT di luar Kampus Terpadu UII dan narahubung (contact person) dapat dilihat di laman web admisi.uii.ac.id. CBT di Luar Kampus Terpadu UII terbuka untuk pendaftar semua program studi, kecuali Prodi Pendidikan Dokter. Pendaftaran dan tes dilakukan di masing-masing lokasi penyelenggara CBT di luar Kampus Terpadu UII.

*Jadwal pelaksanaan CBT di Luar Kampus Terpadu UII dapat berubah menyesuaikan jadwal di masing-masing lokasi penyelenggara tes.

BIAYA PENDAFTARAN CBT

Pilihan Pendaftaran
S1 (maksimal dua pilihan program studi) Rp 300.000,-
D3 (maksimal dua pilihan program studi) Rp 250.000,-
S1 dan D3 (masing-masing satu pilihan program studi) Rp 300.000,-
S1 Prodi Pendidikan Dokter* Rp 400.000,-

*Dilaksanakan dengan jadwal khusus

PROSEDUR CBT

1)  Melakukan proses pendaftaran secara daring (online) di admisi.uii.ac.id. Proses ini dapat dilakukan dimana saja (tidak harus datang ke lokasi tes):

  1. Bagi pendaftar yang belum memiliki Nomor Induk Utama (NIU), diwajibkan key in untuk memperoleh NIU UII.
  2. Memilih pola seleksi dan lokasi CBT secara online pada Menu “Beli Formulir”;
  3. Memilih program studi;
  4. Mendapatkan nomor tagihan.

2)  Melakukan pembayaran biaya pendaftaran dengan menyebutkan nomor tagihan:

  1. Di loket bank yang ditunjuk untuk CBT di Kampus Terpadu UII;
  2. Di bagian kasir pendaftaran untuk CBT di luar Kampus Terpadu UII.

3)  Menyerahkan kepada petugas syarat-syarat pendaftaran sebagai berikut:

  1. Fotokopi surat tanda pengenal diri yang masih berlaku, yaitu: Kartu Tanda Penduduk/Paspor/Kartu Siswa/Surat Izin Mengemudi/Surat Keterangan Siswa dari Kepala Sekolah dengan foto diri yang dicap resmi oleh sekolah;
  2. Slip pembayaran CBT;
  3. Pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar;
  4. Khusus pendaftar di International Program harus melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang masih berlaku berupa TOEFL®ITP, IELTS atau CEPT (dari CILACS UII) dengan skor minimal 450 untuk TOEFL, 454 untuk CEPT atau 4,5 untuk IELTS.

4)  Mengerjakan soal UPCM di Ruang Komputer CBT.
5)  Setelah selesai mengerjakan soal UPCM, pendaftar mendapatkan hasil seleksi:

  1. Bagi pendaftar Program Studi Non-Pendidikan Dokter yang dinyatakan diterima dapat langsung mencetak Surat Pemberitahuan Pernyataan Diterima.
  2. Bagi pendaftar Program Studi Pendidikan Dokter yang dinyatakan lolos seleksi tahap pertama dapat langsung mencetak Surat Pemberitahuan Lolos Seleksi Tahap Pertama dan selanjutnya wajib mengikuti proses seleksi tahap kedua sesuai jadwal yang ditentukan.
  3. Bagi pendaftar yang tidak diterima, Surat Pemberitahuan Tidak Diterima hanya dicetak apabila ada permintaan dari pendaftar.

Tahapan Pelaksanaan CBT

Tahapan CBT 2017