>>> Kembali ke Halaman Utama

Paper Based Test (PBT) adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan secara tertulis. Semua program studi melakukan seleksi calon mahasiswa menggunakan pola seleksi PBT.

Khusus untuk program studi Pendidikan Dokter, proses seleksi terdiri atas dua tahap seleksi, yaitu (1) seleksi ujian tertulis melalui PBT, dan (2) seleksi tahap dua berupa ujian komprehensif.

Pola seleksi PBT dibagi ke dalam dua kategori, yaitu PBT Potensi dan Mandiri.

PBT Potensi. Pada pola seleksi ini hasil nilai UPCM akan menentukan kelulusan dan juga menentukan besarnya Sumbangan Catur Dharma. Dengan pola ini, semakin tinggi nilai UPCM semakin rendah nilai sumbangan yang diwajibkan. PBT Potensi dibuka untuk seluruh program studi.

PBT Mandiri. Pada pola seleksi ini nilai UPCM akan menentukan kelulusan pendaftar, sedangkan besar Sumbangan Catur Dharma ditentukan secara mandiri oleh orang tua/wali calon mahasiswa. Batas minimal Sumbangan Catur Dharma ditentukan oleh program studi yang dipilih oleh calon mahasiswa.

Seluruh program studi membuka kategori  PBT Potensi dan PBT Mandiri.

BIAYA PENDAFTARAN PBT

Pendaftar PBT dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi.

▪      PBT tanpa pilihan Prodi Pendidikan Dokter sebesar Rp 300.000,-
▪      PBT dengan pilihan Prodi Pendidikan Dokter sebesar Rp 400.000,-

PROSEDUR & PERSYARATAN PBT

1) Melakukan proses pendaftaran secara online di admisi.uii.ac.id. Proses ini dapat dilakukan dimana saja (tidak harus datang ke lokasi tes):

  1. Bagi pendaftar yang belum memiliki Nomor Induk Utama (NIU), diwajibkan key in untuk memperoleh NIU UII.
  2. Memilih pola seleksi PBT secara online pada Menu “Beli Formulir”;
  3. Memilih program studi;
  4. Mendapatkan nomor tagihan.

2) Melakukan pembayaran biaya pendaftaran PBT. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank Mandiri, Bank Bukopin, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat, BPD DIY Syariah di kantor kas UII (berlokasi di Kampus Terpadu UII) atau melalui kantor cabang di seluruh Indonesia.

Pendaftar PBT yang membayar biaya pendaftaran di luar Kampus Terpadu UII tetap harus melengkapi/melanjutkan proses pendaftaran PBT di Kampus Terpadu UII sesuai jadwal yang telah ditentukan

3)  Pendaftar wajib datang di Sekretariat PPMB di Gedung GBPH Prabuningrat (Kantor Rektorat UII) untuk melanjutkan proses pendaftaran:

a. Menyerahkan syarat-syarat pendaftaran kepada petugas berupa:

  1. Cetakan kartu ujian;
  2. Fotokopi surat tanda pengenal diri yang masih berlaku, yaitu: Kartu Tanda Penduduk/Paspor/Kartu Siswa/Surat Izin Mengemudi/Surat Keterangan Siswa dari Kepala Sekolah dengan foto diri yang dicap resmi oleh sekolah;
  3. Slip pembayaran PBT;
  4. Khusus Pendaftar di International Program harus melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa TOEFL®ITP, IELTS atau CEPT (dari CILACS UII) dengan skor minimal 450 untuk TOEFL, 454 untuk CEPT dan 4 untuk IELTS.
  5. Khusus Pendaftar di Program Studi Pendidikan Dokter harus melampirkan fotokopi Akte Kelahiran (disyaratkan maksimal berusia 21 tahun) dan fotokopi rapor SMA atau sederajat Jurusan IPA (MIA) Semester 2, 3, dan 4 atau 3, 4, dan 5.
  6. Khusus pendaftar yang memilih Seleksi PBT Mandiri diharuskan mengisi surat pernyataan yang berisi kesanggupan pembayaran Sumbangan Dana Catur Dharma dan kesediaan tidak akan menarik kembali semua dana yang sudah dibayarkan. Surat pernyataan ini ditandatangani oleh orang tua atau wali.

b. Melakukan pengambilan foto pendaftar oleh petugas.
c. Melakukan perekaman sidik jari pendaftar oleh petugas.
d. Penempelan foto dan validasi kartu ujian oleh petugas.

4)  Pendaftar mengerjakan PBT sesuai jadwal dan lokasi.
5)  Pada jadwal yang telah ditentukan, pendaftar melihat dan mengunduh hasil pengumuman seleksi PBT di laman admisi.uii.ac.id:

  1. Bagi pendaftar Program Studi Non-Pendidikan Dokter yang dinyatakan diterima dapat mencetak Surat Pemberitahuan Pernyataan Diterima.
  2. Bagi pendaftar Program Studi Pendidikan Dokter yang dinyatakan lolos seleksi tahap pertama dapat mencetak Surat Pemberitahuan Lolos Seleksi Tahap Pertama dan selanjutnya wajib mengikuti proses seleksi tahap kedua sesuai jadwal yang ditentukan.

JADWAL PELAKSANAAN PBT

Periode PBT I PBT II PBT III PBT IV
Pendaftaran 27 Des – 7 Jan 6 – 25 Maret 25 Apr – 6 Mei 3 – 15 Jul
Ujian PBT 8 Januari 26 Maret 7 Mei 16 Juli
Pengumuman 11 Januari 29 Maret 10 Mei 17 Juli
Seleksi Tahap 2 (FK) 12 Januari 30 Maret 11 Mei 18-19 Juli
Pengumuman Tahap 2 (FK) 16 Januari 5 April 15 Mei 24 Juli
Registrasi* 17 – 31 Jan 29 Maret – 18 Apr 16 – 30 Mei 25 – 31 Jul
Verifikasi Dokumen 30 Jan – 4 Feb 10 – 22 April 29 Mei – 3 Jun 31 Jul – 4 Ags

*Pembayaran paket uang kuliah angsuran pertama (SPP dan Dana Catur Dharma), silakan membaca keterangan selengkapnya pada Bab 3 Buku Panduan PMB UII

Tahapan Pelaksanaan PBT

Tahapan PBT 2017