>>> Kembali ke Halaman Utama

SASARAN PROGRAM

Sasaran program beasiswa ini adalah mahasiswa baru UII Tahun Akademik 2017/2018 yang memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik, serta berasal dari latar belakang keluarga yang kurang mampu.

PERSYARATAN

  1. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif di salah satu fakultas di UII, dibuktikan dengan fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM);
  2. Memiliki nilai rata-rata rapor selama SMA minimal 7,5;
  3. Berasal dari latar belakang keluarga tidak mampu, dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu yang disahkan oleh pihak yang berwenang;
  4. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik, dibuktikan dengan Sertifikat TOEFL (atau sejenisnya);
  5. Memiliki kemampuan membaca Alquran yang baik, dibuktikan dengan hasil tes Baca Tulis Alquran (BTAQ) oleh Tim Penguji;
  6. Memiliki kepribadian dan karakter yang baik, dibuktikan dengan hasil wawancara psikologis oleh Tim Penguji;
  7. Memiliki prestasi akademik dan non akademik selama pendidikan sebelumnya, dibuktikan dengan sertifikat penghargaan;
  8. Memiliki pembiayaan Catur Dharma UII sebesar 0 (nol) rupiah atau terendah dari masing-masing program studi, dibuktikan dengan fotokopi surat bukti diterima di UII; dan
  9. Tidak berstatus sebagai penerima beasiswa lain baik internal maupun eksternal, dibuktikan dengan surat keterangan dari Dekan Fakultas.

KOMPONEN BEASISWA

Sebagai Penerima Beasiswa Unggulan Universitas Islam Indonesia, mahasiswa berhak untuk mendapatkan beasiswa yang meliputi:

  • Biaya pendidikan di UII (SPP dan biaya akademik yang meliputi: biaya laboratorium, biaya KKN, biaya wisuda, dan biaya lain yang ditetapkan oleh Dekan/Rektor)
  • Bebas dana Catur Dharma

Rincian dan besaran dana sebagaimana dimaksud sebelumnya ditetapkan dengan Keputusan Rektor berdasarkan usulan Pengelola Beasiswa (Direktorat Pembinaan Bakat/Minat dan Kesejahteraan Mahasiswa – DPBMKM UII)

KUOTA PENERIMA BEASISWA

Kuota penerima beasiswa ditentukan berdasarkan keputusan hasil rapat Pimpinan UII dengan Pengelola Beasiswa (Direktorat Pembinaan Bakat/Minat dan Kesejahteraan Mahasiswa – DPBMKM UII).

JANGKA WAKTU PEMBERIAN BEASISWA

Beasiswa Unggulan UII diberikan kepada mahasiswa selama 1 (satu) tahun akademik, dan dapat diperpanjang jika penerima beasiswa tersebut memenuhi kualifikasi minimal dalam proses monitoring dan evaluasi yang dilakukan tiap tahun oleh universitas. Perpanjangan ini dapat dilakukan hingga maksimal 4 (empat) tahun masa studi.

MEKANISME PENDAFTARAN DAN SELEKSI

Secara umum, mekanisme pendaftaran untuk mendapatkan beasiswa adalah dengan mengajukan permohonan secara tertulis disertai dengan bukti-bukti pelengkap sesuai dengan persyaratan yang diminta, dan diserahkan kepada panitia seleksi tingkat fakultas. Selanjutnya, panitia seleksi tingkat fakultas akan menyerahkan rekomendasi nama-nama mahasiswa yang akan mengikuti seleksi tingkat lanjut kepada panitia seleksi tingkat universitas. Setelah itu, mahasiswa akan mengikuti seleksi dengan Tim Penguji pada waktu yang sudah dijadwalkan sebelumnya.

WAKTU PENYELENGGARAAN SELEKSI

Seleksi Beasiswa Unggulan diselenggarakan pada akhir Semester Ganjil Tahun Akademik 2017/2018 dengan mengikuti jadwal akademik yang berlaku.